PENGARUH MEDIA DIGITAL COMIC ANIMATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PAGU TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

CAMAY PRIMADANI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0029

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang paling kompleks.  Keterampilan menulis cerpen sering dirasa berat bagi siswa karena memerlukan proses berlatih menggunakan metode ceramah semakin membuat keterampilan menulis cerpen di rasa berat bagi siswa. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah inovasi dalam pembelajaran bahasa indonesia, khususnya dalam materi menulis cerpen. Salah satunya dengan menggunakan media comic animation. Comic animation merupakan komik yang berbentuk format digital berbasis elektronik yang tidak menampilkan alur cerita saja, namun didalamnya dapat disisipkan game, animasi, film, atau aplikasi lainnya.

Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan, 1)  kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pagu tanpa menggunakan media Digital Comic Animation, 2) kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pagu dengan menggunakan media Digital Comic Animation, 3) pengaruh penggunaan media Digital Comic Animation terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pagu

Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu pengaruh media comic animationdan kemampuan menulis cerpen. Indikator penulisan cerpen dalam penelitiaan ini meliputi, 1) penggambaran tokoh dan watak cerita, 2) penggambaran konflik dalam cerita, 3) pengembangan plot atau alur dalam cerita, 4) penggambaran latar dalam cerita. Adapun hipotesis penelitian ini yaitu hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan ada pengaruh penggunaan media comic animation, sedangkan (Ho) tidak ada pengaruh penggunaan media comic animation.

Penelitian ini dilaksanakan Agustus 2018. Populasi penelitian ini meliputi siswa kelas IX-A dan IX-B SMP Negeri 1 Pagu. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan instrumen tes subjektif  berbentuk uraian bebas. Langkah-langkah pengumpulan data 1) observasi, 2) pelaksanaan tes, 3) pengkoreksian, 4) pemberian skor. Teknik analisis penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa angka sehingga menggunakan teknik statistik inferensial uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media digital comic animationterhadap kemampuan menulis cerpen kelas IX SMP Negeri 1 Pagu tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini di dasarkan pada hasil analisis data dengan uji t bahwa t hitung (5,733) > t tabel 1,691 dengan taraf signifikan 1% maka signifikan. Bisa di simpulkan bahwa penggunaan media digital comic animation sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa di bandingkan dengan tanpa menerapkan media comic animation.


Keyword

a

Reference

Ahmad, Hafiz dan Alvanov Zpalanzani. 2005. “Manga: Invisible Cultural Imperialism‟ Through Popular Medium.”http://www.fsrd.itb.ac.id/wp-content/uploads/04-full-paper_comiccultural- imperialism.pdf diakses pada tanggal 21

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Arief S. Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dina, Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Gumelar, M.S. 2011. Comic Making. Jakarta: PT Indeks.

Hidayati, P. P. (2009). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Jabrohim. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maharsi, Indiria. 2010. Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.

Oemar, Hamalik. 2002. Media Pendidikan. Bandung: Aditya Bakti.

Sudjana, Nanadan Ibrahim. 2001.Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2012. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.\

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.            

St.Y. Slamet. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis :Sebagai Suatu Ketrampilan Baerbahasa. Bandung. Angkasa.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI