KARAKTERISTIK PENGGUNAAN BAHASA ONLINE SHOP DALAM MEDIA SOSIAL FACEBOOK


Author (Penulis)

AGNESIA MANUHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi dan komunikasi dan juga munculnya aplikasi-aplikasi media sosial yang dapat digunakan secara bebas dan gratis oleh masyarakat  sehingga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana pemasaran produk. Salah satu media sosial yang menjadi sarana pemasaran produk adalah facebook. Jenis penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Ada tiga pertanyaan penelitian yang dibahas yaitu: (1)  Bagaimanakah deskripsi penulisan kata yang digunakan penjual online shop dalam media sosial facebook? (2) Bagaimana deskripsi penggunaan istilah-istilah khusus yang digunakan penjual online shop? (3) Bagaimana deskripsi penggunaan diksi penjual online shop dalam media sosial facebook?. Penelitian ini menggunakan data berupa kalimat yang mengandung karakteristik penggunaan bahasa online shop pada media sosial facebook. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari online shop di facebook yang menampilkan penggunaan bahasa tertulis dalam memasarkan produk yang dijual.


Keyword

Penggunaan bahasa, online shop, facebook

Reference

Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

 

Amma, dkk. 2016. Makalah Mata Kuliah Bahasa Indonesia Singkatan Dan   Akronim. Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

 

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons 53 (1). p. 61.

 

Brogan, Cris. 2010. Sosial Media 101: Tactics and Tips Develop Your Business Online. John Wiley & Sons.

 

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta

 

Coupland, Nikolas dan Adam Jaworski. 1997. Sosiolinguistics: A Reader and  Coursebook. England: Macmillan Press LTD.

 

Damanik, Florida. 2012. Menjadi Masyarakat Informasi. ISSN. 1412-0100 VOL 13, NO 1. Medan: STMIK Mikroskil Medan

 

Finoza, Lamuddin. 2006. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

 

Harimurti Kridalaksana. (1982). Pengantar sosiolinguistik .Bandung:Angkasa.

Hidayat, Taufik, 2008, Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Jakarta: Mediakita

 

Hismendi, 2016. Model Interaksi Jual Beli. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Volume 15,  No. 1, Feb  2016 ISSN 1693-8852. Politeknik Negeri Lhokseumawe

 

Holmes, Janet. 2001. An introduction to sociolinguistics. Edinburgh: Person Education Limited.

 

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Kridalaksana, H. 2008. Kamus Linguistik.  Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

 

Kridalaksana, H. 2010. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

 

Laudon, Kenneth C, dkk, 2007, Sistem Informasi Manajemen Edisi 10 Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

 

Mdcoms. 2010. Facebook, Twitter, Dan Plurk dalam Satu Genggaman. Yogyakarta: Andi.

 

P.W.J. Nababan, (1986) . Sosiolinguistiksuatu pengantar. Jakarta: Gramedia.

 

Rosita, Mundianita. 2011. “Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Jawa dalam Rapat Ibu-Ibu PKK di Kepatihan Kulon. Surakarta: Kajian Sosiolinguistik” Skripsi. Jurusan sastra Daerah UNS, Surakarta. 

 

Sumadi. 2010. Morfologi Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang. Sumarsono dan Paina Partana. 2012. Sosiolinguistik. Yogyakarta:   Sabda.

 

Suyanto M, 2003, Strategi Periklanan pada eCommerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.

 

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 

Utami, Djuwita. 2010. Karakteristik Penggunaan Bahasa Pada Status Facebook. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

 

Varmaat, Shelly Cashman. 2007. Discovering Computers:Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek.

 

Wong, Jony. 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Zarella, D. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT Serambi Ilmu Anggota IKAPI

 

Tekno, Kompas. “Pengguna Facebok Terbanyak ke 4 di Dunia”. 02 februari 2018.https://tekno.kompas.com/read/2018/03/02/08181617/indonesia-pengguna-facebook-terbanyak-ke-4-di-dunia.

Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

 

Amma, dkk. 2016. Makalah Mata Kuliah Bahasa Indonesia Singkatan Dan   Akronim. Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

 

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons 53 (1). p. 61.

 

Brogan, Cris. 2010. Sosial Media 101: Tactics and Tips Develop Your Business Online. John Wiley & Sons.

 

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta

 

Coupland, Nikolas dan Adam Jaworski. 1997. Sosiolinguistics: A Reader and  Coursebook. England: Macmillan Press LTD.

 

Damanik, Florida. 2012. Menjadi Masyarakat Informasi. ISSN. 1412-0100 VOL 13, NO 1. Medan: STMIK Mikroskil Medan

 

Finoza, Lamuddin. 2006. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

 

Harimurti Kridalaksana. (1982). Pengantar sosiolinguistik .Bandung:Angkasa.

Hidayat, Taufik, 2008, Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Jakarta: Mediakita

 

Hismendi, 2016. Model Interaksi Jual Beli. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Volume 15,  No. 1, Feb  2016 ISSN 1693-8852. Politeknik Negeri Lhokseumawe

 

Holmes, Janet. 2001. An introduction to sociolinguistics. Edinburgh: Person Education Limited.

 

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Kridalaksana, H. 2008. Kamus Linguistik.  Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

 

Kridalaksana, H. 2010. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

 

Laudon, Kenneth C, dkk, 2007, Sistem Informasi Manajemen Edisi 10 Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

 

Mdcoms. 2010. Facebook, Twitter, Dan Plurk dalam Satu Genggaman. Yogyakarta: Andi.

 

P.W.J. Nababan, (1986) . Sosiolinguistiksuatu pengantar. Jakarta: Gramedia.

 

Rosita, Mundianita. 2011. “Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Jawa dalam Rapat Ibu-Ibu PKK di Kepatihan Kulon. Surakarta: Kajian Sosiolinguistik” Skripsi. Jurusan sastra Daerah UNS, Surakarta. 

 

Sumadi. 2010. Morfologi Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang. Sumarsono dan Paina Partana. 2012. Sosiolinguistik. Yogyakarta:   Sabda.

 

Suyanto M, 2003, Strategi Periklanan pada eCommerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.

 

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 

Utami, Djuwita. 2010. Karakteristik Penggunaan Bahasa Pada Status Facebook. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

 

Varmaat, Shelly Cashman. 2007. Discovering Computers:Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek.

 

Wong, Jony. 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Zarella, D. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT Serambi Ilmu Anggota IKAPI

 

Tekno, Kompas. “Pengguna Facebok Terbanyak ke 4 di Dunia”. 02 februari 2018.https://tekno.kompas.com/read/2018/03/02/08181617/indonesia-pengguna-facebook-terbanyak-ke-4-di-dunia.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade