ABSTRAK
Penelitian yang berjudul Nilai-Nilai Berita dalam Koran Radar Nganjuk Edisi Desember
2017, dilatarbelakangi oleh pertimbangan seorang jurnalis dalam menentukan berita yang akan
dipublikasikan kepada masyarakat melalui media massa, terutama surat kabar. Bahan
pertimbangan yang digunakan oleh seorang jurnalis adalah nilai-nilai berita. Atas pertimbangan
tersebut dalam menyusun sebuah berita harus disusun sebagaimana tujuan dari berita tersebut
dimuat yakni untuk menarik perhatian pembaca dan memberikan informasi.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana deskripsi nilai berita aktualitas dalam
koran Radar Nganjuk edisi Desember 2017? (2) Bagaimana deskripsi nilai berita kedekatan
dalam koran Radar Nganjuk edisi Desember 2017? (3) Bagaimana deskripsi nilai berita
keluarbiasaan dalam koran Radar Nganjuk edisi Desember 2017? (4) Bagaimana deskripsi nilai
berita human interest dalam koran Radar Nganjuk edisi Desember 2017?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. analisis deskriptif menurut Sugiyono
(2015:207) adalah statistik yang digunakan untuk mengambil data dengan cara mendeskripsikan
atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat
kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif karena data yang diperoleh dianalisis dan dicocokan dengan teori yang digunakan
dalam bentuk deskripsi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat ke empat jenis nilai berita yakni nilai
aktualitas, nilai kedekatan, nilai keluarbiasaan dan nilai human interest. Nilai yang menjadi
pertimbangan utama untuk memilih berita yang akan disajikan kepada pembaca paling banyak
diperoleh adalah nilai kedekatan. Jumlah keseluruhan data yang diperoleh sejumlah (45) data.
Nilai aktualitas diperoleh sebanyak (13) data, terbagi atas (7) nilai aktualitas masalah dan (6)
nilai aktualitas waktu. Nilai kedekatan diperoleh sebanyak (20) data, terbagi atas (17) nilai
kedekatan geografis dan (3) nilai kedekatan emosional. Nilai keluarbiasaan diperoleh sebanyak
(2) data dan nilai human interest diperoleh sebanyak (10) data, terbagi atas (3) nilai human
interest ketegangan, (2) nilai human interest konflik, (2) nilai human interest simpati, serta (3)
nilai human interest kemajuan.
KATA KUNCI: media massa, surat kabar, berita, nilai-nilai berita.
DAFTAR PUSTAKA
Arfandia. 2018. Kelebihan dan Kekurangan
Koran.(0nline),tersedia:
http://www.google.com/amp/s/blog.a
rfandia.com/kelebihan-kekurangan-
koran/amp/, diunduh 10 April 2018
Barus, Sedia Willing. 2011. Jurnalistik:
Petunjuk Teknis Menulis Berita.
Jakarta: Erlangga.
Kusumaningrat, Hikmat dan
Kusumaningrat, Purnama. 2014.
Jurnalistik Teori & Praktik.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Muhtadi, Asep Saeful. 2016. Pengantar
Ilmu Jurnalistik. Bandung: Simbiosa
Rekatama Media.
Suryawati, Indah. 2014. Jurnalistik Suatu
Pengantar Teori dan Praktik. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Wikipedia. 2018. Media di Indonesia.
(Online),tersedia:
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Media
_di_Indonesia, diunduh 10 April
2018.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.