NILAI-NILAI BERITA DALAM KORAN RADAR NGANJUK EDISI DESEMBER 2017


Author (Penulis)

RISMA PUTRI LARASATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0024

Abstract

ABSTRAK 
Penelitian yang berjudul Nilai-Nilai Berita dalam Koran Radar Nganjuk Edisi Desember 
2017, dilatarbelakangi oleh pertimbangan seorang jurnalis dalam menentukan berita yang akan 
dipublikasikan kepada masyarakat melalui media massa, terutama surat kabar. Bahan 
pertimbangan yang digunakan oleh seorang jurnalis adalah nilai-nilai berita. Atas pertimbangan 
tersebut dalam menyusun sebuah berita harus disusun sebagaimana tujuan dari berita tersebut 
dimuat yakni untuk menarik perhatian pembaca dan memberikan informasi. 
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana deskripsi nilai berita aktualitas dalam 
koran Radar Nganjuk edisi Desember 2017? (2) Bagaimana deskripsi nilai berita kedekatan 
dalam koran Radar Nganjuk edisi Desember 2017? (3) Bagaimana deskripsi nilai berita 
keluarbiasaan dalam koran Radar Nganjuk edisi Desember 2017? (4) Bagaimana deskripsi nilai 
berita human interest dalam koran Radar Nganjuk edisi Desember 2017?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. analisis deskriptif menurut Sugiyono 
(2015:207) adalah statistik yang digunakan untuk mengambil data dengan cara mendeskripsikan 
atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat 
kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan 
deskriptif karena data yang diperoleh dianalisis dan dicocokan dengan teori yang digunakan 
dalam bentuk deskripsi. 
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat ke empat jenis nilai berita yakni nilai 
aktualitas, nilai kedekatan, nilai keluarbiasaan dan nilai human interest. Nilai yang menjadi 
pertimbangan utama untuk memilih berita yang akan disajikan kepada pembaca paling banyak 
diperoleh adalah nilai kedekatan. Jumlah keseluruhan data yang diperoleh sejumlah (45) data. 
Nilai aktualitas diperoleh sebanyak (13) data, terbagi atas (7) nilai aktualitas masalah dan (6)
nilai aktualitas waktu. Nilai kedekatan diperoleh sebanyak (20) data, terbagi atas (17) nilai 
kedekatan geografis dan (3) nilai kedekatan emosional. Nilai keluarbiasaan diperoleh sebanyak 
(2) data dan nilai human interest diperoleh sebanyak (10) data, terbagi atas (3) nilai human 
interest ketegangan, (2) nilai human interest konflik, (2) nilai human interest simpati, serta (3)
nilai human interest kemajuan. 
KATA KUNCI: media massa, surat kabar, berita, nilai-nilai berita.


Keyword

NILAI AKTUALITAS, NILAI KEDEKATAN, NILAI KELUARBIASAAN, NILAI HUMAN INTEREST

Reference

DAFTAR PUSTAKA 
Arfandia. 2018. Kelebihan dan Kekurangan 
Koran.(0nline),tersedia: 
http://www.google.com/amp/s/blog.a
rfandia.com/kelebihan-kekurangan-
koran/amp/, diunduh 10 April 2018
Barus, Sedia Willing. 2011. Jurnalistik: 
Petunjuk Teknis Menulis Berita. 
Jakarta: Erlangga. 
Kusumaningrat, Hikmat dan 
Kusumaningrat, Purnama. 2014. 
Jurnalistik Teori & Praktik. 
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi 
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT 
Remaja Rosdakarya. 
Muhtadi, Asep Saeful. 2016. Pengantar 
Ilmu Jurnalistik. Bandung: Simbiosa 
Rekatama Media.
Suryawati, Indah. 2014. Jurnalistik Suatu 
Pengantar Teori dan Praktik. Bogor: 
Ghalia Indonesia.
Wikipedia. 2018. Media di Indonesia. 
(Online),tersedia: 
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Media
_di_Indonesia, diunduh 10 April 
2018. 
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian 
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, 
Kualitatif, dan R&D. Bandung: 
Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade