KOHESI DAN KOHERENSI WACANA JURNALISME WARGA PADA GRUP MEDIA SOSIAL FACEBOOK RADIO ANDIKA FM KEDIRI AG243


Author (Penulis)

JUVITA OKTAFI FARADILASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0020

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian terhadap jurnalisme warga pada grup media sosial facebook radio Andika FM Ag243, lebih ditekankan pada bentuk kohesi grmatikal yang terdiri dari referensi, substitusi, ellipsis, konjungsi, inversi. Bentuk kohesi leksikal yang terdiri dari repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi. Sedangkan koherensi hubungan semantis antarbagian wacana terdiri dari hubungan sebab – akibat, hubungan akibat – sebab, hubungan kelonggaran hasil, hubungan syarat hasil, hubungan aplikatif, hubungan generik-spesifik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana deskripsi kohesi wacana jurnalisme warga pada grup media sosial facebook radio Andika FM Kediri Ag243? (2) Bagaimana deskripsi koherensi wacana jurnalisme warga pada grup media sosial facebook radio Andika FM Kediri Ag243.

Wacana adalah satuan bahasa terlengkap yang dibentuk dari rentetan kalimat yang kontiunitas, kohesif, dan koheren sesuai dengan konteks situasi. Wacana jurnalisme warga adalah wacana yang diperoleh dari partisipasif aktif  warga atau masyarakat meliputi pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Warga atau masyarakat dapat menyebarluaskan wacana yang diolahnya ke berbagai media, salah satunya media online yaitu facebook. Di dalam facebook terdapat berbagai grup yang mampu menghubungkan interaksi antar penggunanya.  Dalam penyampaian wacana jurnalisme warga terkadang tidak memperhatikan hubungan secara kohesif dan koheren. Hal tersebut yang menjadi ketertarikan bagi peneliti untuk melakukan penelitian bahPasa, khususnya tentang kohesi dan koherensi wacana jurnalisme warga.

Penelitian ini menggunakan pendekatan studi dokumen /teks (document studies karena dalam penelitian ini bahan yang diteliti adalah wacana jurnalisme warga pada grup media sosial facebook radio Andika FM AG243 yang akan dianalisis secara mendalam mengenai kohesi dan koherensi wacana jurnalisme warga yang ada dalam grup tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kohesi dan koherensi wacana jurnalisme warga . Data penelitian ini adalah wacana jurnalisme warga. Sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah grup media sosial facebook radio Andika FM AG243 yang diambil melalui teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah diri peneliti sendiri dilengkapi dengan tabel tabulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam grup media sosial facebook radio Andika FM Ag243, unsur lingual yang digunakan ialah yang mengandung kohesi dan koherensi sehingga, penulisan wacana jurnalisme warga saling berhubungan antara unsur lingual yang satu dengan unsur lingual lainnya. Pada kohesi ditemukan data yang menunjukkan tarik menarik antar kalimat dalam paragraf, sehingga tampak menyatu dan bersama-sama mendukung pokok pikiran paragraf.  Pada kohesi gramatikal ditemukan suatu unit tata bahasa dipengaruhi oleh unit lain, seperti  untuk menunjukan bentuk yang lebih singkat. Sedangkan pada kohesi leksikal ditemukan keserasian struktur antar bagian wacana, misalnya pengulangan kata untuk menunjukkan tempat yang sama dan struktur terlihat serasi. Pada koherensi hubungan semantis antarbagian wacana ditemukan data yang menunjang keutuhan makna wacana.

 

KATA KUNCI  : kohesi, koherensi, wacana jurnalisme warga


Keyword

Kohesi, Koherensi, Wacana Jurnalisme Warga

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-prinsip  Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana. 

Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

          Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet                

Zainurrahman. 2011. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade