KORELASI ANTARA MINAT BACA SISWA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAMBON NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

ELLA NOVITA WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0017

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi pada minat baca siswa yang masih kurang. Berkaitan dengan minat baca maka berpengaruh juga pada kemampuan menulis puisi, dengan banyak membaca tentunya bertambah pula kosa kata siswa. Minat baca disini memiliki peran penting dalam menulis puisi yaitu sebagai penunjang hasil karya tulisan siswa terutama pada puisi.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tingkat minat baca siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah korelasi antara minat baca siswa dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019?.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi antara minat baca siswa dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui hubungan dari variabel X dan Y dengan cara menyebar angket kepada responden untuk mengetahui minat baca, sedangkan untuk kemampuan menulis puisi dilakukan tes tulis.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan disimpulkan sebagai berikut. (1) Tingkat minat baca siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk dinyatakan baik, hal ini dibuktikan bahwa hasil angket minat baca yaitu mendapatkan nilai terendah 72-76 yang diperoleh sebanyak 3 siswa, dan nilai tertinggi 95-100 yang diperoleh sebanyak 5 siswa. Pemerolehan terbanyak 10 siswa dengan nilai 82-86, mean dari minat baca sebesar 78,13 , nilai tersebut sudah memenuhi syarat nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Kurikulum) yaitu 75.

(2) Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk dinyatakan baik, hal ini dibuktikan bahwa hasil kemampuan menulis puisi, yaitu mendapatkan nilai terendah 75 yang diperoleh sebanyak 2 siswa, dan nilai tertinggi 100 yang diperoleh sebanyak 4 siswa. Pemerolehan terbanyak 9 siswa dengan nilai 85, mean dari kemampuan menulis puisi sebesar 89,38.

(3) Korelasi antara minat baca siswa dengan kemampuan menulis puisi siswa dinyatakan terdapat korelasi didapat dengan analisis data menggunakan   uji-r nilai Sig (2-tailed) 0,000 yang lebih kecil dibandingkan 0,05 (pedoman taraf signifikansi). Hasil perhitungan dengan teknik Korelasi Product Moment menunjukan nilai Koefisien Korelasi (r) dari variabel minat baca dengan kemampuan menulis puisi sebesar 0,355, dengan cara membandingkan nilai r hitung dengan r tabel. Apabila r hitung lebih kecil dari pada r tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, sebaliknya jika r hitung lebih besar dari r tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai r tabel dengan N=32 pada taraf signifikansi 5% , yaitu sebesar 0,335. Dari kedua nilai tersebut dapat diketahui bahwa rhitung>rtabel (0,355>0,338). Dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 2 Prambon Nganjuk. Hal ini menunjukan tingkat hubungan kedua variabel adalah sedang.

 

KATA KUNCI: korelasi, minat baca, kemampuan menulis puisi.


Keyword

KORELASI, MINAT BACA, MENULIS PUISI

Reference

Aminudin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Jakarta: Sinar Baru.

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Farid Maulana, Soni. 2015. Apresiasi dan Proses Kreatif Menulis Puisi. Bandung: Nuansa Cendikia.

 

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.

 

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

 

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

 

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

 

Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa Bandung


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade