PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM CERPEN DI KORAN JAWA POS EDISI TAHUN 2017


Author (Penulis)

PURWO NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0016

Abstract

ABSTRAK

      Deiksis diartikan hal atau fungsi menunjuk sesuatu di luar bahasa atau kata yang mengacu kepada persona, waktu, dan tempat suatu tuturan. Sebagai salah satu bidang kajian pragmatik, deiksis mempelajari tentang konteks dalam suatu kalimat. Deiksis pada cerpen menjadi hal penting untuk diteliti. Pada penelitian ini,  deiksis dibagi atas tiga macam, yaitu (1) deiksis persona,(2) deiksis tempat, dan (3) deiksis waktu. Peristiwa yang diceritakan pada cerpen banyak mengandung unsur deiksis. Unsur deiksis dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan dalam bahasa lisan maupun tulisan, misalnya pada karya sastra novel dan cerpen. Hal itulah yang menjadi ketertarikan dilakukannya penelitian deiksis pada sebuah karya sastra khususnya cerpen dalam koran Jawa Pos.

      Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan deiksis persona dalam cerpen di koran Jawa Pos edisi tahun 2017?, (2) Bagaimana penggunaan deiksis tempat dalam cerpen di koran Jawa Pos edisi tahun 2017?,  (3) Bagaimana penggunaan deiksis waktu dalam cerpen di koran Jawa Pos edisi tahun 2017?

Pada penelitian ini digunakan pendekatan pragmatik, dengan jenis penelitian dokumen teks, karena pengkajiannya dititik-beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Pada penelitian ini dikaji teks secara mendalam. Teks yang dikaji adalah narasi tertulis  yang diambil dari koran, yaitu cerpen pada koran Jawa Pos edisi 2017.

      Hasil penelitian ini adalah (1) Deskripsi deiksis persona dalam cerpen di koran Jawa Pos edisi tahun 2017, yakni (a) persona pertama, (b) persona kedua, dan (c) persona ketiga. Deiksis persona pertama meliputi deiksis persona pertama tunggal yaitu aku/saya, dan deiksis pertama jamak, kita dan kami. Deiksis persona kedua meliputi deiksis persona kedua tunggal yaitu, kamu/kau, dan deiksis persona kedua jamak, kalian. Deiksis persona ketiga meliputi deiksis persona ketiga tunggal yaitu, dia/ia, dan deiksis ketiga jamak, mereka. (2) Deskripsi deiksis tempat dalam cerpen di koran Jawa Pos edisi tahun 2017 meliputi di mana-mana, di sini, di sana, ke sana dan dari sini, dan (3) Deskripsi deiksis waktu dalam cerpen di koran Jawa Pos edisi tahun 2017 meliputi , tadi, kapan-kapan, kini, sekian lama, sekarang, dulu, besok, nanti,  siang ini, dan sore nanti.

       Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada beberapa pihak, yaitu (1) Bagi peneliti selanjutnya, agar ada penelitian lanjutan yang lebih spesifik terhadap penggunaan deiksis, dengan obyek yang lain, dengan kajian yang lebih sempurna, misalnya penelitian deiksis dengan obyek karya sastra yang lain. (2) Bagi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dan pedoman untuk penelitian selanjutnya, agar lebih lengkap dan lebih sempurna.  (3) Bagi pendidik dalam bidang pendidikan diharapkan dapat membantu sebagai salah satu alternatif untuk dikembangkan menjadi bahan ajar khususnya ilmu pragmatik dalam bahasa indonesia yang berkaitan dengan deiksis pada jenjang S1 pendidikan Bahasa Indonesia.

 

KATA KUNCI : deiksis persona, tempat, dan waktu


Keyword

Deiksis Persona, Tempat, dan Waktu

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Pengembangan lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rahardjo, Mudjia. 2010. Jenis dan Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Tersedia: http://mudjiarahardjo.com/materi-kuliah/215-     jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif.html, diunduh 24 Mei 2018.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade