Teks eksposisi merupakan tulisan berbentuk paparan tetapi dilengkapi dengan data-data keaksian seperti gambar dengan tujuan memperjelas informasi yang disampaikan. Peneliti dalam penelitian ini menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok, yaitu sebuah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan belajar siswa untuk mengumpulkan sejumlah data dari berbagai sumber yang ada dilingkungan sekitar siswa, dan dapat melatih siswa menerima pendapat orang lain, bekerja sama dengan teman yang berbeda latar belakangnya.
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Grogol Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan rumusan masalah sebagai berikut:
Bagaimanakah pengaruh penggunaan model investigasi kelompok didukung media gambar dan tanpa didukung terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model investigasi kelompok didukung media gambar pada siswa kelas X MIA 4 SMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri dinyatakan sangat berhasil dengan nilai diatas KKM (75) yaitu 81,71 dibandingkan tanpa didukung media gambar dengan nilai 80,71.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Slavin (dalam Siti Maesaroh). 2005. Cooperative Learning. London: Allymand Bacon.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.