PENGARUH MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GROGOL TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DEVISARI MAHARANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0013

Abstract

Teks eksposisi merupakan tulisan berbentuk paparan tetapi dilengkapi dengan data-data keaksian seperti gambar dengan tujuan memperjelas informasi yang disampaikan. Peneliti dalam  penelitian ini menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok, yaitu sebuah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan belajar siswa untuk mengumpulkan sejumlah data dari berbagai sumber yang ada dilingkungan sekitar siswa, dan dapat melatih siswa menerima pendapat  orang lain, bekerja sama dengan teman yang berbeda latar belakangnya.

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Grogol Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan rumusan masalah sebagai berikut:

Bagaimanakah pengaruh penggunaan model investigasi kelompok didukung media gambar  dan tanpa didukung terhadap keterampilan  menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Kemampuan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model investigasi kelompok didukung media gambar pada siswa kelas X MIA  4 SMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri dinyatakan sangat berhasil dengan nilai diatas KKM (75) yaitu 81,71 dibandingkan tanpa didukung media gambar dengan nilai 80,71.


Keyword

Pengaruh, Media Gambar, Teks Eksposisi

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Slavin (dalam Siti Maesaroh). 2005. Cooperative Learning. London: Allymand Bacon.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade