PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 1 KANDAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NANDA PUJI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0011

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran menulis puisi di SMAN 1 Kandat masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya suasana kelas menjadi mononton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Untuk itu perlu pemakaian model dan media pembelajaran yang lebih menarik, salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Discovery Learning  berbantuan media gambar. Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimanakah Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMAN 1 Kandat dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Gambar? (2) Bagaimanakah Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMAN 1 Kandat dengan Model Pembelajaran Discovery Learning  Tanpa Berbantuan Media Gambar?  (3) Bagaimanakah Pengaruh Penggunaan Media Gambar pada Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMAN 1 Kandat dengan Model Pembelajaran Discovery Learning?  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan data berupa angka-angka serta skor atau nilai untuk menunjukan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Terdapat dua kelas dalam teknik penelitian ini, kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan media gambar menulis puisi, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning tanpa berbantuan media gambar.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Media Gambar, Menulis Puisi.


Keyword

Model pembelajaran, Discovery learning, media gambar, menulis, puisi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi 2010). Jakarta : Rineka Cipta.

 

Hosnan. 2014. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.  Bogor: Ghalia Indonesia

 

Nurgiyantoro, Burhan . 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kopetensi. Yogyakarta: BPFE.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade