Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen SMKN 1 NGASEM masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru.Akibatnya suasana kelas menjadi mononton, pasif, dan membosankan.Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Untuk perlu pemakaian model dan media pembelajaran yang lebih menarik, salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual.Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana kemampuan menganalisis isi cerpen pada siswa kelas XI SMKN 1 Ngasem sebelum menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching tanpa berbantuan media audio visual?, ( 2) Bagaimana kemampuan menganalisis isi cerpen pada siswa kelas XI SMKN 1 Ngasem setelah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan berbantuan media audio visual?, (3) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dengan berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menganalisis isi cerpen pada siswa kelas XI SMKN 1 Ngasem?. Terdapat dua kelas dalam teknik penelitian ini, kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching tanpa berbantuan media audio visual.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yaitu tes menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan instrumen berupa soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat Pengaruh model Reciprocal Teaching berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab sebelumnya, penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas XI TPM 3 SMKN 1 NGASEM Kediri, dinyatakan belum berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas kurang dari KKM (75) yaitu 72,25. (2) Kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching didukung media audio visual pada siswa kelas XI TPM 1 SMKN 1 NGASEM Kediri, dinyatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-ratakelas lebih dari KKM (75) yaitu 79,19. (3) Ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching didukung media audio visual terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI SMKN 1 NGASEM Kediri. Hal ini dibuktikan dari hasil perolehan nilai thitung 4,921 > (lebih besar) dari ttabel 0,01 pada signifikan 1%
Anitah. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS press
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kopetensi. Yogyakarta: BPFE.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. (Online). Tersedia: https://text-id.123dok.com Diakses pada 21 Desember 2018 13:05
Sumardjo, Jakob. 2009. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen.Yogyakarta: Pustaka pelajar
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.