Menulis merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bagi kebanyakan orang, menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bahkan bagi sebagian orang, menulis adalah sebuah keharusan. Misalnya, para wartawan media cetak atau elektronik yang bertugas melaporkan suatu peristiwa dengan rangkaian kata-katanya. Kegiatan menulis dalam pembelajaran formal diajarkan sejak bangku Sekolah Dasar.
Permasalahan dalam penelitian adalah (1) Bagaimanakah keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Global Mandiri Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 menggunakan model discovery learning berbantuan media video stand up comedy? (2) Bagaimana-kah keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Global Mandiri Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 menggunakan model discovery learning tanpa berbantuan media video stand up comedy?(3) Adakah pengaruh signifikan model discovery learning berbantuan media video stand up comedy terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Global Mandiri Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019?.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan model Discovery Learning dan media video stand up comedy dalam menulis teks anekdot. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Kegiatan validasi dilakukan agar mendapatkan izin dalam pelaksaan penelitian secara maksimal. Penelitian menulis teks anekdot dilaksanakan di SMK Global Mandiri Tarokan Kediri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menulis teks anekdot adalah analisis kuantitatif yaitu teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengolah berbentuk jawaban berupa angka. Hasil analisis data berupa angka- angka yang sudah dikerjakan sesuai hasil siswa.
Kesimpulannya, dalam pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Global Mandiri Tarokan Kediri adalah Keterampilan menulis teks anekdot dengan menggunakan model discovery learning tanpa berbantuan media video stand up comedy siswa kelas X SMK Global Mandiri Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata di atas KKM (75) yaitu 78,30. Keterampilan menulis teks anedot dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media video stand up comedy siswa kelas X SMK Global Mandiri Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dinyatakan tercapai. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata di atas KKM (75) yaitu 83,17. Penggunaan model discovery learning berbantuan media video stand up comedy berpengaruh sgnifikan terhadap keteramilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Global Mandiri Tarokan Kabupaten Kediri. Hal tersebut diperoleh dari hasil analisis data statistik inferensial yang menyatakan thitung 2,6373 > ttabel 2,0865 pada tabel 0,05 /signifikan 5%. Bedasarkan norma keputusan yang telah dibuat, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Hosnan. 2014. Pendekatan Kontekstual Dan Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Muarifin. Moch. 2007. Statstik Untuk Penelitian Pendidikan (Sebuah Pengantar). Nganjuk : Artindramaris
Riadi, Muchlisin. 2000. Pengertian dan Tahapan Menulis. (Online). Tersedia: http//www.kajianpustaka.com/2013/07/pengertian-tujuan-dantahapan-menulis.html?=, diunduh 16Juni 2017
Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta. Derektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta