ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan siswa kelas VIII SMPN 3 Bagor Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 dalam menulis sebuah naskah drama dengan bantuan media cerpen dengan model pembelajaran 3M (meniru, mengolah, dan mengembangkan). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes yang di berikan ke siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Bagor Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 dengan teknik probability sampling. Bentuk instrumen yang digunakan adalah berupa tes menulisnaskah drama. Data yang diperoleh dari tes yang di lakukan merupakan data mentah yang akan di olah dengan menggunakan teknik analisis data berupa statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan) tanpa berbantuan media cerpen siswa kelas VIII SMPN 3 Bagor Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 dinyatakan belum tercapai secara maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kurang dari KKM (75) yaitu 71.70. Kemampuan menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan) berbantuan media cerpen siswa kelas VIII SMPN 3 Bagor Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019 dinyatakan sudah tercapai secara maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata lebih dari KKM (75) yaitu 82.17. Dari hasil analisis data statistik deskriptif, perolehan nilai rata-rata post tes kelas eksperimen sebanyak 82.17, sedangkan nilai rata-rata post tes kelompok kontrol 71.70. Hal ini selaras dengan hasil analisis statistik inferensial yaitu nilai thitung 5, 824 > dari ttabel 5% 1,670.
KATA KUNCI :Model 3M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan), Media Cerpen, Kemampuan Menulis Naskah Drama.
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Su-atu Pendekatan Praktek Ed Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
.
Leksono, Widyo. 2007. Pembelajaran Te-ater untuk Remaja. Semarang: Cip-ta Prima Nusantara.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Pene-litian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Peng-kajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Meto-de, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Ku-antitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukirno. 2010. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum Untuk Yang Ingin Cepat Terampil Menulis Kraetif. Yogyakarta: Pus-taka Belajar.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAI-KEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Djago. 2005. Pendidikan Keterampilan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Ter-buka.
Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra. Yogyakarta: Garudhawaca.