PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BAGOR NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NUR ARIFAH INDRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0007

Abstract

ABSTRAK

 

 

         Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran bercerita di SMP Negeri 3 Bagor Nganjuk masih didominasi oleh pembelajaran yang disajikan lebih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga terkesan  siswa pasif,  hanya mendengarkan uraian dari guru. Akibatnya mempengaruhi rendahnya keterampilan bercerita anak di sekolah. Untuk itu perlu pemakaian media pembelajaran yang lebih menarik. Salah satunya menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran bercerita. Permasalahan penelitin adalah (1) Bagaimanakah Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bagor Nganjuk Dengan Menggunakan Media Gambar? (2) Bagaimanakah Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bagor Nganjuk Tanpa Menggunakan Media Gambar? (3) Adakah Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bagor Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan data berupa angka-angka serta skor atau nilai untuk menunjukkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran bercerita, dengan desain penelitian (Pretest-Posttest Control group Design). Terdapat kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media gambar, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yaitu tes unjuk kerja (bercerita) dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Hasil ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest  kelas eksperimen sebesar 69,5. Setelah diberi perlakuan dengan media gambar, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan menjadi 76,5. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 68,75. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol mengalami peningkatan menjadi 74,5. Hasil tes dapat dilihat dari perhitungan hasil perolehan t hitung 0,078 lebih besar dari t tabel 1%  0,073. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media gambar memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara dalam pembelajaran bercerita.

Kata kunci : Media Gambar, Kemampuan Berbicara


Keyword

Media Gambar, Bercerita

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Rahayu, Aprianti Yofita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita.

       Jakarta: PT Indeks.

 

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

 

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keteranpilan  Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade