KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL KARTINI KARYA ABIDAH EL KHALIEQY


Author (Penulis)

RENI SISKA WIDYAYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0005

Abstract

ABSTRAK

 

Karya sastra banyak mengungkapkan persoalan kehidupan. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan, baik menyenangkan maupun menyedihkan terungkap dalam karya sastra. Kehidupan yang menyangkut seorang perempuan menarik untuk dibahas karena banyak fenomena yang terjadi seputar perempuan. Sekarang banyak karya sastra yang ditulis untuk memperlihatkan ketidakadilan gender antara laki –laki dan perempuan, terutama sikap laki – laki dan adat terhadap perempuan. Pengertian dari ketidakdilan gender itu adalah Perbedaan sifat dan bentuk tubuh yang melekat pada kaum laki-laki dan perempuan yang dibentuk oleh faktor-faktor sosial maupun budaya. Perbedaan itu akhirnya dipercaya bahwa peran gender itu seolah-olah merupakan kodrat dan akhirnya diterima masyarakat secara umum. Penelitian ini menggunakan teori ketidakadilan gender karena peneliti ingin memberikan perhatian masalah yang berkaitan dengan bentuk-bentuk ketidakadilan yang dialami perempuan yaitu, marginalisasi, subordinasi dan stereotipe yang terkandung dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi aspek struktural meliputi tema, penokohan dan perwatakan serta konflik dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy? (2) Bagaimanakah deskripsi aspek feminisme ketidakadilan gender marginalisasi dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy? (3) Bagaimanakah deskripsi aspek feminisme ketidakadilan gender subordinasi dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy? (3) Bagaimanakah deskripsi aspek feminisme ketidakadilan gender stereotipe dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy?

Pada penelitian ini digunakan pendekatan feminisme dengan sumber data berupa novel Kartini karya Abidah El Khalieqy. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan dan kalimat dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis analisis non statistik.

Kesimpulan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat tema mayor dan minor. Tema mayor menggambarkan “Penderitaan karena terbelenggu oleh peraturan adat”. Penderitaan yang dialami oleh tokoh perempuan yang ada dalam novel karena adanya peraturan adat yang harus dipatuhi. Sedangkan tema minor yaitu prinsip yang kuat, kesedihan tak dapat gapai cita-cita, pengorbanan untuk orang tua, dan kematian sang pahlawan. Terdapat juga penokohan, perwatakan dan konflik. Unsur ekstrinsik yang ditekankan yaitu ketidakadilan gender yang terdapat dalam novel Kartini karya Abidah El Khalieqy yaitu,

(a) marginalisasi, (b) subordinasi, (c) stereotipe.

 

KATA KUNCI  : Aspek Struktural, Ketidakadilan Gender, Novel.


Keyword

Aspek Struktural, Ketidakadilan Gender, Novel

Reference

Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

 

Fakih. Mansour. 2013. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Khalieqy, Abidah El. 2017. Kartini. Jakarta: Noura Books.

 

Moleong, J Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Nurhayati, Hevi. 2008. Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Midah, Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer ( Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi. Dipulikasikan. Surakarta. UMS.

 

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

 

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra . Jakarta:  PT. Grasindo.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatife, Kualitatife, dan R&D Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade