SUDUT PANDANG BERITA PENDIDIKAN DALAM KORAN RADAR NGANJUK EDISI DESEMBER 2017


Author (Penulis)

ROSI BUNGA RETNOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0004

Abstract

ABSTRAK

 

Perkembangan media massa informasi di Indonesia dewasa ini memperlihatkan kemajuan yang cukup  pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya majalah dan surat kabar baik yang cakupanya lokal ataupun nasional yang menyebar ke pelosok nusantara. Media cetak seperti majalah, tabloid, dan surat kabar terbentuk dari faktor verbal dan visual. Namun yang terpenting dari surat kabar adalah sudut pandang pemberitaan yang dimuat dalam surat kabar.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah deskripsi sudut pandang berita pendidikan, yaitu (1) Bagaimanakah deskripsi sudut pandang berita pendidikan sebagai laporan tercepat surat kabar Radar Nganjuk? (2) Bagaimanakah deskripsi sudut pandang berita pendidikan sebagai fakta objektif surat kabar Radar Nganjuk? (3) Bagaimanakah deskripsi sudut pandang berita pendidikan sebagai interpretasi surat kabar Radar Nganjuk? (4) Bagaimanakah deskripsi sudut pandang berita pendidikan sebagai sensasi surat kabar Radar Nganjuk? (5) Bagaimanakah deskripsi sudut pandang berita pendidikan sebagai insani surat kabar Radar Nganjuk?

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui deskripsi sudut pandang berita pendidikan yang terdapat pada surat kabar Radar Nganjuk edisi Desember 2017. Indikator dalam penelitian ini yaitu teori dari Suryawati, dengan begitu penelitian ini diharapkan berguna dan member manfaat yang besar baik secara teoritis maupun praktis. Secara praktis dapat membatu guru, siswa pada kompetensi dasar menginterpretasi makna teks berita,  dan menjadi salah satu bahan penunjang tambahan mahasiswa bahasa Indonesia pada mata kuliah jurnalistik.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi dokumen atau teks (document studies). Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana data-data didukung dengan hasil observasi, analisis atau interpretasi, dan telaah dokumen. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dilakukan dengan cara membandingkan data hasil observasi menggunakan teknik catat dan membaca ulang melalui observasi serta dokumen tertulis.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan berita-berita pendidikan yang terdapat pada surat kabar Radar Nganjuk benar-benar terdapat nilai sudut pandang laporan tercepat meliputi: (1) informasi menarik perhatian atau penting (2) kecepatan mencari mengumpulkan mengelola (3) berita terbaik di mata masyarakat. Sudut pandang fakta objektif meliputi: (1) fakta apa adanya atau nyata (2) bebas manipulasi atau intervensi (3) menyeleksi fakta yang ada. Sudut pandang interpretasi meliputi: (1) fakta mampu menimbulkan interpretsi pembaca (2) fakta interpretasi wartawan (3) fakta interpretasi kepada masyarakat. Sudut pandang sensai meliputi: (1) berita menggemparkan berorientasi pada fakta (2) sensasi harus diimbangi dengan atensi perhatian atau minat, ekspektasi atau pengharapan (3) sensasi pendekatan rasional. Sudut pandang insani meliputi: (1) berita menimbulkan simpati, empati, dan kontroversi bagi pembaca (2) berita membuat orang menagis histeris, dan tergugah dalam pikiran, hati dan perasaan.

Sudut pandang tersebut menjadi suatu bahan pertimbangan seorang wartawan dalam mencari, mengangkat suatu kejadian atau peristiwa, pemilihan kelayakan bahan, makna, penulisan maupun penyusunan berita, sebelum  berita tersebut di sebarluaskan kepada masyarakat atau publik.

 

KATA KUNCI : media cetak, berita pendidikan, sudut pandang berita


Keyword

Media cetak, Berita Pendidikan, Sudut Pandang Berita

Reference

Bungin, Burhan. 2001. Eretorika Media Massa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

 

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Rahardjo, Mudjia. 2010. Jenis dan Metode Penelitian Kualitatif. (Online). Tersedia: http://www.uin-malang.ac.id/r/100601/jenis-dan-metode-penelitian-kualitatif.html, diunduh 6 Juli 2018.

 

Siswantoro. 2005. Metode Penelitian Sastra Analisis Psikologis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

Suryawati, Indah. 2014. Jurnalistik Suatu Pengantar Teori & Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yunus, Syarifudin. 2015. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indah Indonesia.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade