PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMAN 1 KANDAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ASTRY KRISTIA NOVA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0003

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengalaman dan pengamatan, bahwa kemampuan siswa dalam  menulis teks eksplanasi tergolong rendah, salah satu hal yang menjadi faktor penyebabnya adalah kurangnya pemahaman siswa tentang konsep dan tahapan dalam menulis teks eksplanasi, selain itu model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang tepat. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: 1. Bagaimanakah kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri, yaitu dengan model pembelajaran discovery pada siswa kelas XI SMAN 1 KANDAT Tahun Pelajaran 2017/2018? 2. Bagaimanakah kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas XI SMAN 1 KANDAT Tahun Pelajaran 2017/2018? 3. Adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Kandat Tahun Pelajaran 2017/2018?Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan data berupa angka-angka serta skor atau nilai untuk menunjukan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi.Hasil dari penelitian dapat diketahui terdapat pengaruhmodel pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa kelas XI MIPA 4, yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri mendapat nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan siswa kelas XI MIPA 2 yang mendapat perlakuan tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri yaitu dengan model pembelajaran discovery.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan: (1) Kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri, yaitu dengan model pembelajaran discovery pada siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Kandat Kediri dinyatakan belum berhasil. (2) Kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, pada siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Kandat Kediri dinyatakan berhasil.(3) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis siswa kelas XI SMAN 1 Kandat Kediri.

 

KATA KUNCI: Model pembelajaran inkuiri, kemampuan menulis, teks eksplanasi.

 


Keyword

Model pembelajaran, inkuiri, menulis, teks eksplanasi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta

 

Hosnan. 2014. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.  Bogor: Ghalia Indonesia.

 

Martha Novitasari Lagur. 121224047 (2016). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Turi, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (Online). Tersedia:https://repository.usd.ac.id/8612/2/121224047_full.pdf. Diunduh pada 24 Juni 2018. Pukul 15.35.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Zacky. 2017. Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. (Online). Tersedia: https://www.zonareferensi.com/pengertian-pendidikan// . Diakses pada 30 Juni 2017. Pukul 10.35.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade