PENGARUH METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI KELAS X SMK PEMUDA PAPAR TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

NELSA YUNITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0002

Abstract

ABSTRAK

 

Pembelajaran  merupakan  proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar juga merupakan proses melihat, mengamati dan memahami sesuatu. Belajar merupakan suatu pola-pola respon yang berupa keterampilan, sikap, kebiasaan, kecakapan atau kepandaian dalam segala bidang mata pelajaran yang memungkinkan atau memberi kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan tertentu dalam mencapai tujuan belajar.

Permasalahan dalam penelitian adalah  (1) Bagaimanakah kemampuan menulis teks biografi tanpa menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas X SMK? (2) Bagaimanakah kemampuan menulis teks biografi menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas X SMK? (3) Adakah pengaruh yang signifikan metode Contextaul Teaching and Learning(CTL) terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMK.

Kegiatan pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode ctl (Contextual Teachung and Learning) dalam menulis teks biografi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Kegiatan validasi dilakukan agar mendapatkan izin dalam pelaksaan penelitian secara maksimal. Validasi pertama dilakukan oleh ahli materi (dosen Universitas Nusantara PGRI Kediri) terhadap materi pada materi menulis teks biografi. Penelitian menulis teks biografi dilaksanakan di SMK Pemuda Papar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menulis teks biografi adalah analisis deskritif kuantitatif yaitu teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengolah berbentuk jawaban berupa angka. Hasil analisis data berupa angka- angka yang sudah dikerjakan sesuai hasil siswa.

Kesimpulannya,dalam pembelajaran menulis teks biografi  siswa  kelas X SMK Pemuda Papar adalah: (1) Kemampuan siswa dalam menulis teks biografi tanpa menggunakan  metode ctl (Contextual Teaching and Learning) Kediri dinyatakan telah mencapai KKM 75. Hal ini terbukti benar bahwa nilai rata- rata posttes pada kelas kontrol mencapai 78,55. (2) Kemampuan siswa dalam menulis teks biografi dengan menggunakan metode ctl (Contextual Teaching and Learning) Kediri dinyatakan telah mencapai KKM 75. Hal ini terbukti benar bahwa nilai rata- rata posttes kelas eksperimen mencapai 84,45. (3) Ada pengaruh yang signifikan  metode ctl (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X. Dapat diketahui hasilnya thitung<ttabel(-9,936 < 2,093).

 

 

Kata Kunci: Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) , Kemampuan menulis, menulis teks biografi.

 


Keyword

METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING), KEMAMPUAN MENULIS, TEKS BIOGRAFI

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama. 

Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. 2014. Pendekatan Kontekstual Dan Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kemendiknas, 2011. Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta. Derektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Muarifin. Moch. 2007. Statstik Untuk Penelitian Pendidikan (Sebuah Pengantar).  Nganjuk : Artindramaris.

Mulya, Septi. 2016. Pembelajaran  Menulis  Teks BiografiI Siswa Kelas VIII SMP Global  Madani Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Dipublikasikan. Lampung : Universitas Negri Lampung. Di unduh tanggal 20 Juli 2018.

Riadi, Muchlisin. 2000. Pengertian dan Tahapan Menulis. (Online). Tersedia: http//www.kajianpustaka.com/2013/07/pengertian-tujuan-dantahapan-menulis.html?=, diunduh 16Juni 2017

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade