JENIS DAN PERUBAHAN MAKNA KATA DALAM KUMPULAN CERPEN ROGOH AH... KELAKUAN AKU, KAMU, DAN DIA KARYA EDI MULYONO


Author (Penulis)

DESI MIFTAHUL JANNAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0001

Abstract

ABSTRAK

 

Bahasa merupakan media untuk berkomunikasi. Dalam proses komunikasi, untuk memahami suatu tuturan yang dikemukakan orang lain, perlu pengetahuan mengenai makna tuturan tersebut. Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari mengenai bahasa. Bahasa erat sekali hubungannya dengan kata. Kata merupakan unsur dasar kalimat. Untuk memahami sebuah kata dan kalimat, perlu pengetahuan mengenai makna dari kata dalam kalimat tersebut. Tanpa pengetahuan mengenai makna, pembicara maupun kawan bicara akan merasa kebingungan dalam memahami suatu kata dalam kalimat yang diucapkan dan didengar. Dalam karya sastra bentuk komunikasi berupa hasil karya yang diciptakan oleh pengarang dan dinikmati oleh pembaca. Bahasa yang digunakan dalam karya sastra berbentuk cerpen berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam karya sastra tertulis lainnya, Cerpen memiliki bahasa yang menarik untuk dikaji dari segi makna katanya. Kumpulan cerpen ini ditulis Mulyono dengan menggunakan bahasa yang santai dan dapat dipahami oleh pembaca di zaman sekarang. Banyak kata baru yang terdapat pada cerpen-cerpen hasil ciptaannya. Cerpen karya Mulyono ini dapat menarik minat baca pada anak remaja dan dewasa. Penelitian ini menggunakan teori makna kata, karena peneliti ingin memberikan perhatian masalah yang berkaitan dengan jenis dan perubahan makna kata yang terkandung dalam kumpulan Cerpen Rogoh Ah… Kelakuan Aku, Kamu, Dan Dia Karya Edi Mulyono

Permasalahan dalam penelitian ini adalah  (1) Bagaimanakah deskripsi aspek struktu-ral yang meliputi tema dan amanat dalam kumpulan cerpen Rogoh Ah… Kelakuan Aku, Kamu, dan Dia karya Edi Mulyono?, (2) Bagaimanakah deskripsi jenis makna kata dalam kumpulan cerpen Rogoh Ah… Kelakuan Aku, Kamu, dan Dia karya Edi Mulyono?, dan (3) Bagaimanakah deskripsi perubahan makna kata dalam kumpulan cerpen Rogoh Ah… Kelaku-an Aku, Kamu, dan Dia karya Edi Mulyono?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan semantik dengan sumber data berupa kumpu-lan cerpen Rogoh Ah… Kelakuan Aku, Kamu, dan Dia karya Edi Mulyono. Data penelitian ini berupa kutipan data yang terdapat kata-kata tertentu dalam kumpulan cerpen Rogoh Ah… Kelakuan Aku, Kamu, dan Dia karya Edi Mulyono. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yakni pembuatan rencana penelitian, pelaksanaan penelitian dan pembuatan laporan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis non statistik.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan ditemukan aspek struktural cerpen yang meliputi tema dan amanat. Tema dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yakni tema mayor dan tema minor. Tema mayor dalam penelitian ini dapat dikelompokkan dalam tiga tema yaitu: 1) percintaan, 2) etika hidup, dan 3) kritik sosial. Sedangkan tema minor juga di-kelompokkan dalam tiga tema yaitu: 1) lika-liku percintaan, 2) dampak globalisasi, dan 3) sifat kepribadian. Amanat yang ditemukan dalam penelitian ini memberikan pesan moral kepada pembaca untuk bersikap tenang dan berpikir positif dalam menghapadi segala masalah, dengan begitu keputusan yang diambil akan sejalan dengan keinginan.

Jenis makna kata yang ditemukan dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu (1) makna kolokasi (2) makna konstruksi dan (3) makna kontekstual. Makna kolokasi dalam penelitian ini ditemukan berbagai lingkup kata yang sama, yaitu lingkup hukuman, lingkup tempat umum, lingkup ciptaan Tuhan, lingkup media sosial, lingkup sifat manusia, lingkup hak anak, lingkup karyawan, lingkup anggota tubuh, dan lingkup barang mewah. Makna konstruksi dalam penelitian ini ditemukan berbagai kata yang menunjukkan kepemilikan ku, nya,dan nama. Makna kontekstual dalam penelitian ini ditemukan makna kata yang sesuai dengan konteks yaitu (1) konteks orangan (2) konteks situasi (3) konteks tujuan (4) konteks tempat (5) konteks objek (6) konteks kebahasaan dan (7) konteks bahasa.

Perubahan makna yang ditemukan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu (1) perubahan makna kata karena perubahan waktu dan (2) perubahan makna kata karena perubahan konotasi. Perubahan makna kata karena perubahan waktu dalam penelitian ini ditemukan berbagai kata yang memiliki makna baru seiring perkembangan waktu sebanyak lima data. Kata yang ditemukan tersebut dulu memiliki makna asli, namun sekarang makna asli tersebut telah berkembang sesuai kebutuhan manusia. Sedangkan, perubahan makna kata karena perubahan konotasi dalam penelitian ini ditemukan kata yang memiliki makna tidak sebenarnya sebanyak duabelas data. Kata tersebut diibaratkan dengan benda-benda yang memiliki sifat dan bentuk yang sama.

 

KATA KUNCI  : aspek struktural, jenis makna kata, perubahan makna kata, cerpen.


Keyword

Aspek Struktural, Jenis Makna Kata, Perubahan Makna Kata, Cerpen

Reference

Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo

 

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Mulyono, Edi. 2013. Rogoh Ah… Kelakuan Aku, Kamu, dan Dia. Yogyakarta: Laksana.

 

Moleong, J Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Pateda, Mansoer. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta

 

Soedjito dan Saryono. 2011. Kosakata Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade