PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM PULE TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SUMARTONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0081

Abstract

ABSTRAK Sumartono. 2017. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah dengan Menggunakan Model Team Games Tournament pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Pule Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017. SKRIPSI, Pendidikan Biologi, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Team Games Tournament Pendidikan merupakan hal penting bagi keberlangsungan suatu bangsa, karena kemajuan suatu bangsa bergantung pula pada kemajuan dan keberhasilan pendidikannya; mengingat segera diberlakukannya era globalisasi. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Islam Pule diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Motivasi yang rendah tersebut ditandai dengan kurangnya gairah dan semangat siswa dalam belajar, siswa cenderung bergurau dengan teman ketika guru menjelaskan materi pelajaran dan hanya beberapa siswa yang aktif dalam belajar sehingga berdampak rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya biologi. Atas dasar tersebut maka digunakanlah model pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkattkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada 2, yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Islam Pule pada pokok bahasan sistem peredaran darah, (2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Islam Pule pada pokok bahasan sistem peredaran darah Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Bertempat di SMP Islam Pule yang terletak di Jl. PP. Hidayatulloh-Jombok-Pule- Trenggalek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki semua. Hasil data diperoleh dari hasil observasi proses pembelajaran dan hasil ujian siswa yang terbagi menjadi 2 siklus yang diambil sebanyak 2 kali per siklus. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa prosentase rata-rata peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I sebesar 53,5I% ke II sebesar 79,05 mengalami peningkatan sebesar 24,54 %. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dari 7,5 poin meningkat sebesar 9,7 poin sehingga prosentase hasil belajar dari awal siklus I dan siklus II sebesar 28,57 %.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI