PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIFITAS BELAJAR IPA MATERI PENCEMARAN AIR PADA SISWA KELAS VII MTsN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG
Author (Penulis)
CHOIRUL ABADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.06.0078
Abstract
Abstrak
Choirul Abadi., Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil dan Aktifitas Belajar IPA Materi Pencemaran Air Pada Siswa Kelas VII MTsN Mojoagung Kabupaten Jombang.
Supervisor I : Dra. Budhi Utami., M.Pd.;
Supervisor II : Dra Dwi Ari Budiretnani., M.Pd.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya belajar peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di MTs Negeri Mojoagung Kelas VII-C.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan oleh guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-C di MTs Negeri Mojoagung yang berjumlah 38 peserta didik. Tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Langkah dalam setiap siklus yang dilakukan adalah merancang kegiatan, memberikan tindakan, melakukan observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi penialain belajar dan aktivitas belajar peserta didik, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, catatan insidental.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan belajar peserta didik kelas VII-C di MTs Negeri Mojoagung. Berdasarkan hasil observasi aktivitas, peningkatan penilaian belajar dan aktivitas belajar peserta didik ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik antara dua siklus sebesar 23.68%. Pada siklus I, rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik mencapai 71.05%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik mencapai 94.73%.
Kata Kunci : Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar