PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA TENTANG EKOSISTEM KELAS VIIC MTS. ZAINUL HASAN PARE


Author (Penulis)

KUSNUL AZIMATUL MUDAWAMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0075

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pendidikan dasar dan menengah di Indonesia yang paling esensi adalah kualitas akademik yang rendah jika dikomparasikan dengan Negara berkembang lainnya. Kenyataan di lapangan siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata. Hal tersebut menyebabkan siswa jenuh, sehingga motivasi siswa untuk belajar cenderung menurun. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Siswa di MTs. Zainul Hasan Sambirejo Pare juga mengalami permasalahan yang serupa, terutama pada materi ekosistem. Dimana dalam pembelajarannya masih jarang menerapkan model pembelajaran inovatif. Akibatnya hasil pembelajarannya pun menjadi kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan yang ada peneliti mencoba menerapkan pembelajaran berbasis masalah, dengan pembelajaran tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan dalam berargumentasi ilmiah siswa kelas VII MTs. Zainul Hasan Sambirejo Pare pada materi ekosistem tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi dengan indikator keberhasilan jika kemampuan guru menerapkan pembelajaran dalam kategori baik, minimal rata-rata aktivitas dan motivasi siswa ?75%. Dari hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar dan argumentasi ilmiah siswa. Hal ini ditandai dengan guru mampu menerapkan pembelajaran dengan baik, yaitu mencapai 73% pada siklus I dan 80% pada siklus II. Terjadi peningkatan dari segi motivasi siswa yang dapat dilihat dari hasil angket motivasi siswa yang meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata prosentase pencapaian 67% menjadi 81% di siklus II. Terlihat pula peningkatan dalam kemampuan siswa beragumentasi ilmiah yang ditandai dengan adanya peningkatan persentase berdasakan tes tulis berdasarkan rubrik argumentasi ilmiah dari 60% siklus I dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Seiring dengan meningkatnya penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah, motivasi siswa dan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa pun juga mengalami peningkatan.. Dapat disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar dan argumentasi ilmiah siswa pada materi ekosistem siswa kelas VII MTs. Zainul Hasan Sambirejo Pare tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : pembelajaran berdasarkan masalah, argumentasi ilmiah, motivasi siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-12-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI