PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017.


Author (Penulis)

SUYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0062

Abstract

ABSTRAK SUYATI : Penerapan Model Pembelajaran Koopetif Tipe STAD Pada Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas VII-C SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Biologi, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Kata Kunci : Ciri-ciri makhluk hidup, STAD, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Biologi masih didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan, hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan hasil belajar Biologi. Hal ini didasari manfaat serta kegunaan bagi siswa terutama nilai Biologi, sehingga timbul permasalahan penelitian ; “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMPN 1 Boyolangu tahun pelajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII C SMPN 1 Boyolangu tahun pelajaran 2016/2017. Peneliian ini menggunakan pendekatan Penelitan Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VII C SMPN 1 Boyolangu. Manfaat penelitian berguna bagi sekolah sebagai dasar untuk mengambil kebijakan, bagi guru bermanfaat untuk menambah wawasan tentang strategi Student Team Achievment Divisions (STAD) serta bermanfaat bagi siswa untuk membina sikap saling memberi antara siswa pandai dan kurang pandai, membina sikap saling menghargai keberadaan anggota kelompok dan untuk menumbuhkan daya tarik terhadap peningkatan hasil belajar. Pada akhir kegiatan diperoleh gambaran sebagai berikut, hasil belajar siswa meningkat dari 74 pada awal penelitian menjadi 79 pada siklus 1 dan 83 pada siklus 2, sedangkan pengamatan aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 73 pada siklus 1 menjadi 84 pada siklus 2.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI