PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

ISTIYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0061

Abstract

ABSTRAK Istiyowati: Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung, Skripsi, Pendidikan Biologi, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir kritis, sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kondisi pembelajaran IPA di SMPN 1 Ngunut belum berjalan secara efektif. Hal tersebut nampak dari siswa yang belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan guru cenderung menjadi pusat informasi. Kondisi pembelajaran tersebut mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah dikarenakan siswa belum terlatih untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, siswa hanya menghafal konsep dan contoh yang diberikan oleh guru. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas VIII SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMPN 1 Ngunut dengan jumlah 42 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas guru dan tes kemampuan berpikir kritis. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari tes yang dilaksanakan di setiap akhir siklus. Skor yang diperoleh dari hasil tes kemudian dipresentase sehingga dapat diketahui sejauh mana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui pada siklus I terdapat 59,52 % siswa yang tingkat kemampuan berpikir kritis nya dalam kategori baik. Pada siklus II terdapat 47,62 % siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis dengan kategori baik dan 38,10 % siswa termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Ngunut. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Model Problem Based Learning dapat digunakan dan dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, karena melalui model PBL siswa dapat melatih kemampuan berpikir, mengemukakan pendapat, aktif dalam tanya jawab, dan bekerja sama (2) Guru harus terus berusaha mengembangkan dan mencari inovasi dalam pembelajaran IPA sehingga proses pembelajaran tidak membosankan dan siswa merasa senang dalam menerima materi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-11-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI