PENERAPAN SRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA 4 MAN 1 KOTA KEDIRI PADA MATERI VERTEBRATA


Author (Penulis)

FAUZIAH LAILATU NIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0048

Abstract

ABSTRAK

 

Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi  di MAN 1 Kota Kediri didapatkan hasil siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti bertanya dan menjawab pertanyaan. Selain itu ketika guru mengajak siswa untuk berdiskusi, siswa kurang merespon pertanyaan dari guru dan siswa cenderung diam pada saat guru memberikan pertanyaan. Materi yang digunakan dalam  penelitian ini adalah materi vertebrata yang dipilih berdasarkan  hasil wawancara kepada guru. Dari permasalahan tersebut diketahui kemampuan berpikir kritis siswa rendah yang di lihat dari indikator berpikir kritis yaitu bertanya dan menjawab pertanyaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu diterapkannya strategi pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan siswa lebih banyak waktu untuk berpikir, yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS). Strategi pembelajaran TPS menjadi salah satu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi di dalam kelas yang membutuhkan pengaturan untuk mengendalikan kelas secara keseluruhan dan proses yang digunakan dalam  Think Pair Share (TPS) dapat memberi siswa waktu yang lebih banyak untuk berfikir, untuk merespon dan saling membantu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan  pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 MAN 1 Kota Kediri sebanyak 40 siswa.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar validasi, lembar LDS, dan tes. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat berpikir kritis siswa dengan menggunakan tes tulis. Teknik analisis data menggunakan jenis data kuantitatif dengan pelaksanaan tes pada siklus I dan siklus II.

Hasil yang diperoleh dengan menggunakan scale green pada siklus I yang paling tinggi adalah  Kategori  Ok terdapat 17 siswa dan pada siklus II sebanyak 24 siswa. Sedangkan, berdasarkan hasil data  menggunakan skala gain hanya terdapat dua kategori saja yaitu sebanyak 22 siswa dikategorikan memiliki tingkat berfikir kritis sedang dan ada 17 siswa dikategorikan memiliki tingkat berfikir kritis rendah. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan melalui penerapan strategi TPS dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi vertebrata.

 

KATA KUNCI  : Strategi Think Pair Share (TPS), berpikir kritis, Vertebrata


Keyword

a

Reference

Boleng, D.T.2014.Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis,Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif BiologiSiswa SMA Multietnis.Jurnal Pendidikan Sains,2, (2),  76-84.

 

Ennis, R. H. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills, (online),(http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journal/ed_lead/el_1985_ennis.pdf).

Ennis, R.H. 1993. Critical Thinking Assesment. Theory In to Practice, (Online), 32(3):179186,(http://www3.qcc.cuny.edu/WikiFiles/file/Ennis%20Critical%20Thinking%20Assessment.pdf).

 

Greenstein.L.2012.Asseing 21st Century Skill A Guide to Evaluating Mastery And Authentic Learning. Thousand Oaks, California:Corwin A. Sage Company.

 

Marlina,Hajidin dan Ikhsan. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ThinkPair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan DisposisiMatematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal didaktik Matematika, 1(1):83-95.

 

Meltzer, D.E. (2002). The Relathionship between Matemathics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics “Hidden Variabel” in Diagnostics Pretest Scores. Dalam Americanb Journal of Physics. Vol. 70 (12) 1259-1268.[online].Tersedia:http.//www.physics.iastate.edu/per/docs/addendum_on_normalized_gain. [9 Oktober 2006],


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI