PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X-IPA PADA MATERI PROTISTA DI SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI


Author (Penulis)

FITRI KUSTIYO NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0032

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah Kediri bahwa proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, selain itu kurangnya semangat siswa untuk belajar bisa dilihat dari banyak siswa yang bicara sendiri, menggangu teman, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan. Pada proses diskusi siswa cenderung kesulitan saat berkomunikasi, hal ini ditunjukan siswa satu dengan yang lain sulit untuk membagi tugas saat kerja kelompok, siswa kurang merespon pertanyaan dari guru dan siswa cenderung diam saat guru memberikan pertanyaan. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi jenuh, sehingga motivasi siswa untuk belajar cenderung menurun. Akibatnya hasil belajar siswa kurang maksimal dan pasif. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu diterapkan strategi pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-IPA pada materi protista di SMA Muhammadiyah Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas X-IPA SMA Muhammadiyah Kediri sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes berpikir kritis dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan skala green dan skala gain.

Hasil analisis data yang diperoleh berpikir kritis siswa dengan menggunakan scale green pada siklus I yang paling tinggi kategori ok (baik) terdapat 14 siswa dan siklus II kategori ok (baik) terdapat 21 siswa. Sedangkan menggunakan skala gain hanya terdapat dua kategori saja yaitu 19 siswa memiliki kategori sedang dan 12 siswa memiliki kategori rendah. Pada motivasi belajar siklus I memiliki rata-rata 68%,  siklus II memiliki rata-rata 81 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi protista.


Keyword

Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, berpikir kritis, motivasi belajar

Reference

Ennis, R. H. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills, (online), http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journal/ed_lead/el_1985_ennis.

              Diakses tanggal 20 Agustus 2018

 

Mistiana dan Zubaidah. 2005. Pengaruh Penerapan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir dan Pemahaman  Konsep Biologi Siswa VIII SMP Darul Ulum I Jombang.

 

Suratno. 2010. Memberdayakan Ketrampilan Metakognisi Siswa dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw Reciprocal Teaching (JIRAT). Jurnal Pendidikan, 2(17) : 150-156.

 

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade