Pengaruh Model Pembelajaran Think, Pair, Share terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Materi Virus pada Kelas X SMA DARUSSHOLAH SINGOJURUH BANYUWANGI


Author (Penulis)

PUSPITA CAHYANING PANGESTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0029

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar kelas reguler dan kelas pondok, serta perbandingan motivasi belajar kedua kelas tersebut pada materi virus dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini termasuk eksperimen dengan Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket diakhir pembelajaran kelas kontrol dan eksperimen dengan metode TPS untuk mengukur tingkat motivasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN Darussholah Singojuruh. Sempel diambil menggunakan random sampling dengan kelas X MIA 4 (kelas reguler) sebagai kelas eksperimen dan MIA 7 (kelas pondok) sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdapat 36 siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) motivasi siswa kelas X MIA 4 ( kelas reguler) meningkat setelah menggunakan metode TPS yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0.00 < 0.05, 2) motivasi belajar pada kelas X MIA 7 (kelas pondok) tidak menunjukkan peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan metode TPS yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0.524 > 0.05, 3)  terdapat perbedaan motivasi belajar kelas reguler dan kelas pondok dengan menggunakan metode TPS, yaitu nilai sig = 0.000 < 0.05

Kata Kunci : motivasi, kelas reguler, kelas pondok, materi virus, Think-Pair-Share.


Keyword

Think, Pair, Share, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Reference

Andayani, Suci. Dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 11, Bln November, Thn 2016, Hal 2200—2204. Universitas Mulawarman.

Asrori, Muhammad. 2012. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Astuti, dan Andi Nurveryanti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Jurnal Biology Teaching and Learning, Volume 1, Nomor 1, Juni 2018 hal. 81-87. STKIP Pembangunan Indonesia Makassar.

Cambell. Reece. 2010. Biologi Edisi kedelapan Jilid Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elhefni. 2011. “Model Pembelajaran Kooferatif Tipe Think pair Share dan Hasil Belajar di sekolah”. Jurna Penelitian Pendidikan, Vol. xvI, No. 02 (2011), h. 305.14

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning “Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan”. Yogyakarta : PustaPelajar.

Isjoni. 2010. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiantoro, Burhan. 1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Sstatistika. Bandung Alfabeta.

Rina. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Media Audio Visual Pada Materi Virus Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kelas X SMA  Negeri 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Siswoyo, dkk. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Anas. 2012.  Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Sugiyono. 20015. Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Surayya, L. 2014. Pengaruh  Model  Pembelajaran  Think  Pair  Share Terhadap  Hasil  Belajar  IPA Ditinjau  Dari  Keterampilan  Berpikir  Kritis  Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol 4 tahun 2014. Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenada media Group.

Wahidmurni, dkk. 2012. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktek. Yogyakarta: Nuha Litera.

Warsono. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Rosdakarya.

Wati, Merni. dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Pendekatan Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA Santa Maria Tanjungpinang. Universitas Maritim Raja Ali Haji.


PUBLISHED

2020-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade