Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Animalia Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Kota Kediri Kelas MIPA 2.2


Author (Penulis)

KLARISA DEWI JULITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0023

Abstract

ABSTRAK

Awal tahun pelajaran 2017/ 2018 terjadi perubahan kurikulum  SMA dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum 2013 SKS. SMA Negeri 3 Kota Kediri menerapkan kurikulum 2013 SKS pada semua siswa kelas X. Observasi yang dilakukan dikelas MIPA 2.2 diperoleh hasil yaitu rata-rata siswa di kelas tersebut sulit memahami materi sehingga berdampak pada hasil belajar yang menurun. Rata-rata nilai tes evaluasi UKBM siswa di kelas MIPA 2.2 lebih rendah dibandingkan dengan dua kelas khusus lainnya yaitu MIPA 2.1 dan MIPA 2.3. Rata-rata nilai kelas MIPA 2.1, MIPA 2.2 dan 2.3 pada tes evaluasi UKBM materi keanekaragaman hayati secara berturut-turut pada adalah 77,1; 67,7; dan 73,3. Hal ini juga terjadi pada materi klasifikasi, dimana kelas MIPA 2.2 memiliki rata-rata nilai paling rendah yaitu 82,7, sedangkan rata-rata nilai kelas MIPA 2.1 dan 2.3 secara berturut-turut adalah 90,4 dan 90,1.  Menghadapi permasalahan tersebut perlu dicari sebuah solusi. Solusi yang dirasa tepat untuk siswa kelas MIPA 2.2 adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing.  Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, handout dan UKBM.

Penelitian ini menggunakan lima langkah model ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Pada tahap ujicoba, siswa yang dipilih adalah siswa dari salah satu kelas khusus yaitu MIPA 3.3 yang berjumlah delapan siswa. Kemudian pada tahap implementasi siswa yang dipilih adalah siswa yang mengalami masalah dalam pembelajarannya yaitu semua siswa kelas MIPA 2.2 dengan jumlah siswa yaitu 31 siswa.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) hasil validasi silabus oleh ahli desain pembelajaran dan ahli praktisi dinyatakan sangat layak, (2) hasil validasi RPP oleh ahli desain pembelajaran dan ahli praktisi dinyatakan sangat layak, (3) ahli desain pembelajaran, ahli praktisi, dan ahli materi menyatakan jika UKBM yang dikembangkan dinyatakan dapat digunakan sebagai pedoman atau contoh bagi guru lain, (4) hasil validasi soal post tes oleh ahli desain pembelajaran dinyatakan valid, (5) hasil validasi bahan ajar berupa handout oleh ahli materi pada aspek kelayakan dinyatakan valid, sedangkan untuk aspek kebenaran konsep dan tampilan bahan ajar dinyatakan sangat valid, (6) persentase nilai respon siswa pada UKBM 1, 2, 3, dan 4 secara berturut-turut adalah 79,72%; 78,91%; 78,97%; 80,81%, (7) rata-rata nilai tes evaluasi UKBM 1, 2, 3, dan 4 secara berturut-turut adalah 78,54; 69,64; 71; dan 82,3.

 

 

KATA KUNCI  : Kurikulum 2013 SKS, perangkat pembelajaran, ADDIE, inkuiri terbimbing, animalia, hasil belajar


Keyword

a

Reference

Anna, A.F. 2017. Peningkatan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII-C SMP Pawyatan Daha 2 Kediri pada Materi Organisasi Kehidupan melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lesson Study (LS). Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Appoarch. Harvard: Springer.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017 a. Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Direktorat Pembinaan SMA. 2017 b. Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamdayama, J. 2014. Model pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurdyansyah dan Fahyuni, E.F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Permendiknas No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Puspitasari, P. 2017. Pengembangan Modul Invertebrata Berbasis Inkuiri Terbimbing di MAN 3 Kota Kediri. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI