MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 5 KEDIRI PADA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS LESSON STUDY (LS)


Author (Penulis)

ASEP SATRIA KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0022

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan metakognisi dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study (LS). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kediri, pada siswa sejumlah 35 kelas X MIPA 5, semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan tahapan-tahapan berupa perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Data keterampilan metakognisi diperoleh dari jawaban soal esai yang dinilai menggunakan rubrik keterampilan metakognisi yang terintegrasi dengan tes esai. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan metakognisi dari yang semula pada siklus I presentase nilai rata-rata keterampilan metakognisi 37,14%, meningkat pada siklus II menjadi 51,84% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 57,67%. Penerapan Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study (LS) tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan metakognisi siswa, namun juga membangun kerjasama antar guru. Hal ini terjadi karena antar guru saling berkolaborasi dalam merencanakan suatu pembelajaran untuk mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, guru pengajar saling belajar dalam mengamati aktivitas siswa yang berkaitan dengan metakognisi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.


Keyword

a

Reference

Amir, H. (2013). SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PEMBANGUNAN KARAKTER ( CHARACTER BUILDING ), X(2), 156–159.

Corebima, A. D. 2009. Pola Pengembangan Lembar PBMP (TEQ) dalam pembelajaran IPA-BIOLOGI. Makalah disajikan dalam Lokakarya PBMP, Malang, 31 Agustus-1 September

Danial, M. (2010). Pengaruh Strategi PBL Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa The Effects of PBL Strategy to Students Metacognition Skill and Respon. Chemica, 11, 1–10. http://doi.org/10.26858/chemicannn,n,n,.v11i2.487

Eggen, P.D. & Kauchak, D.P. (1996). Strategies for Teachers: Teaching Contentand Thinking Skill, (Third Edition). Boston: Allyn & Bacon.

Fatmaryanti, S. D. (2012). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation ( GI ) di Kelas VIII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2011 / 2012, 1(1), 15–18.

Flavell, J. H. (Stanford U. (1979). Metacognition and Cognitive Monitoring A New Area of Cognitive — Developmental Inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911. http://doi.org/10.1037/0003-066x.34.10.906

Muhlisin, A., Susilo, H., Amin, M., & Rohman, F. (2016). Analisis Keterampilan Metakognitif ditinjau dari Kemampuan Akademik Berbeda pada Perkuliahan Konsep Dasar IPA. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016, 978–602.

Rüütmann, T., & Vanaveski, J. (2009). Effective Strategies and Models for Teaching Thinking Skills and Capitalizing Deep Understanding. Problems of Education in the 21st Century, 17(176–187), 176–187.

Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. (2011). Problem-Based Learning, Strategi Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tekno-Pedagogi, 1(2), 1–14.

Schoenfeld, A.H. (1987) What’s All the Fuss About Metacognition? In A.H. Schoenfeld (ed.) Cognition Science and Mathematics Education. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum

Slavin, R.E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education Inc.

Susilo, H., Chotimah, H., Sari, Y. D.2012. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media Publishing

Yuwono, C. S. M. (2014). Peningkatan Keterampilan Metakognisi Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw-Modifikasi. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1).

 


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI