UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 4 KEDIRI MELALUI PENERAPAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS LESON STUDY PADA MATERI EKOLOGI


Author (Penulis)

EVA KARULINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa dan hasil belajar siswa  melalui penerapan Number Head Together bebasis Lesson Study. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara Lesson Study. Data keaktifan diperoleh melalui lembar observasi (31 butir pengamatan). Data hasil belajar diperoleh melalui post tes ( 3 butir soal). Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan data siswa dari siklus I sampai siklus II Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 SMAN 4 Kediri yang berjumlah 31 siswa pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada peningkatan keaktifan siswa yaitu pada siklus I 69,64% dan meningkat pada siklus II 78,33%. Hasil penelitian hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 22,38% dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 56.,43%. Kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 34,05% Salah satu lesson learn PTK melalui lesson study  ini adalah guru terbantu untuk mengatahui aktifitas siswa saat pembelajaran berlangsung, sehingga guru dapat terfokus pada cangkupan dan urutan materi, antar guru dapat saling membantu memonitoring keatifan belajar siswa. Khususnya selama proses belajar mengajar berlangsung.

 


Keyword

Keaktifan, NHT, Lesson Study.

Reference

E. Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif  dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Fauziyyah, D, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia Muhammmadiyah Prambanan. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pti/article/view/4689/pdf. (diakses, 06 Februari 2018)

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim, M. 2000:29. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri   Surabaya

Mahmudi, A. 2006. Lesson Study. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. alimahmudi@uny.ac.id. staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/.../Lesson+Study+MGMP+Jetis+2006_1.pdf. (diakses, 06 Maret 2018)

Mulyaningsih, M. dan Siswandari, Sri Witurachm. 2016.  Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Tata Arta UNS Vol .2, No.1, Http://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Tataarta/Article/View/7840/5641. (diakses, 23 maret 2018)

Ngatini. 2012. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Tentang Fungsi Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Bagi Siswa SMP. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3159/7.%20NGATINI.pdf;sequence=1 (diakses, 04 Februari 2018)

Satyasa,A.W. 2009. Implementasi Lesson Study dalam Pemelajaran. Makalah disajikan dalam seminar pemelajaran guru di Nusa Penida, Jurursan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, 24 Januari 2009.

Siregar, A, F. 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika ISSN 2252-732X. https://www.researchgate.net/publication/315911963_PENGARUH_MODEL_KOOPERATIF_TIPE_NHT_TERHADAP_HASIL_BELAJAR_SISWA_KELAS_VIII_SMP_NEGERI_18_MEDAN (diakses, 26 Februari 2018)

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Susilo, H. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.

Susilowati, D. 2015. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Melalui Strategi Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII SMP NEGERI 2 MASARAN.  http://eprints.ums.ac.id/32750/12/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. (Diakses 09 Oktober 2018)

Wiwik. Lestari, F. dan Susanti, I. Pengaruh Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lubuklinggau. http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/SKRIPSI%20PDF%20wiwik.PDF (diakses, 24 Januari 2018)

 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade