UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 4 KEDIRI MELALUI PENERAPAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS LESSON STUDY (LS) PADA MATERI EKOLOGI


Author (Penulis)

KHUSNUL KHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0019

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data survei yang dilakukan di SMA Negeri 4 Kediri kelas X IIS 2, secara umum dapat diketahui kurangnya motivasi belajar siswa pada materi pelajaran biologi. Banyak siswa yang berbicara sendiri dengan temannya, jarang bertanya, pada saat siswa diberi soal banyak siswa berjalan-jalan dan mengganggu siswa lainnya. Hal ini berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Kondisi tersebut disebabkan guru mendominasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Guru belum menerapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan metakognisi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan metakognisi dan motivasi belajar siswa pada materi ekologi melalui model pembelajaran NHT berbasis LS.

            Penelitian ini menggunakan metode PTK yang dikolaborasikan dengan LS, sebanyak dua siklus mulai Desember 2017 sampai April 2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IIS 2 SMA Negeri 4 Kediri tahun ajaran 2017/2018 dengan diikuti (n=36 siswa). Teknik pengumpulan data penelitian keterampilan metakognisi menggunakan soal post-test dan motivasi belajar siswa menggunakan angket, analisis dilakukan dengan cara deskriptif dengan membandingkan antara siklus I dan siklus II.

            Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan metakognisi siswa kelas X IIS 2 dari siklus I 41,87 menjadi 84,19 pada siklus II, sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa ada kenaikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 62,79 menjadi 85,95.


Keyword

a

Reference

Aryulina, D. (2010). Penerapan Lesson Study pada Microteaching bagi Calon Guru Biologi. Forum Kependidikan, Vol. 30, Nomor 1: 14-19.

Astuti, D. S. 2010. Penggunaan Metode Belajar Numbered Head Together (NHT) Disertai Peta Konsep dan LKS Ditinjau dari Motivasi dan Kreativitas Siswa, Tesis (Online). (http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php?mn= detail&d_id=12646).

Basith, Abdul. 2010. Hubungan Keterampilan Metakognisi Dan Hasil Belajar Mata pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw Dan Think Pair Share (TPS). Skripsi Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang.

Corebima. A.D. 2009. Metakognitive Skill Measurement Integrade in Achievement Test. State University of Malang.

Imel, S. 2002. Metacognitive Skills for Adult Learning, (Online), (http://www.cete.org/acve/docs/tia00107.pdf).

Mahardini, I. 2010. Penerapan Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII C SMP Laboratorium UM. Skripsi Tidak Dipublikasikan: FMIPA UM.

Pradana, D. R. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik NHT (Numberd Head Together) Disertai Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Di SMP Negeri I Sukoharjo, Skripsi (Online). http://digilib.uns.ac.id/pengguna.php?mn=showview&id=14019.

Rahman, Saemah dan Phillips, John Arul. 2006. Hubungan antara Kesedaran Metakognisi, Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Jurnal pendidikan 31(2006) 21-39.

Rohman, Abdul. 2011. Penerapan Siklus Belajar Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri1 Lumajang. Tesis, Jurusan IPA Terpadu, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. (Online).(http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/11137/).

Sahara, N. 2012. Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batuatas pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua peubah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT[online]http://pendidikanmatematika.files.com/2009/03/kooperatif_tipe_nht.doc.

Santoso, A.M., Setyowati, E., Nurmilawati, M & Sulistiono. 2011. Enhancing of Student Science Literacy at Protists Topic by Enhancing Inquiry Approach Based Lesson Study. 5th International Seminar of Science Education. Indonesia University of Education.

Shahren, A. & Khalid, M. 2001. Mathematics Teachers’ Perception of Lesson Study as a Continuous Professional Development Programme. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2011, (Online) Vol. 34 No. 1, Page 67 – 89. (http://www.recsam.edu.my/R%26D_Journals/YEAR2011/june2011vol1/ade67-89.pdf).

Silangit, E. P. 2012 Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas V Melalui Metode Kooperatif Tipe NHT Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Swasta Nusantara Lubuk Pakam[online]http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMEDUndergraduate30358BAB%20I.pdf.

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.

Suhendra. 2010. Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Keterampilan Metakognisi Untuk Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Tidak dipublikasikan: Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarjito. 2011.Penggunaan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA SMA Islam 1 Prambanan Tahun Pelajaran 2009/2010. Bioedukasi. Volume 2, Nomor 1:1-6.

Susilo, H., Chotimah, H., dan Joharmawan, R.  2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Banyumedia Publishing.

Uno, H., B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Warjianto, F. 2010. Metode Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Puzzle untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Terhadap Materi Biologi SMP Kelas VII, Skripsi (Online).(http://biologi.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2010/10/10.014 METODE-NUMBERED-HEADSTOGETHER.pdf)


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI