UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 4 KEDIRI PADA MATERI EKOLOGI MELALUI NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS LESSON STUDY


Author (Penulis)

M WACHID HASYIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0011

Abstract

 

Hasil analisis studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan proses pembelaran yang masih memusatkan guru sebagai sumber ilmu (teacher centered). Guru terlalu sering menggunakan metode ceramah dan belum menerapkan metode pembelajaran yang terstruktur mengakibatkan siswa kurang aktif  dalam belajar. Siswa yang pasif menunjukkan belum diberdayakan kemampuan berpikir kritis siwa dan sikap sosial siswa dalam pembelajaran yang masih pasif. Penerapan  Number Heads Together (NHT) berbasis Lesson Study (LS) diharapkan mampu memberdayakan kemampuan berpikr kritis siswa dan meningkatkan sikap sosial siswa dengan penerapan kerja berkelompok. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa dengan menerapkan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) berbasis Lesson Study (LS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif berbasis LS. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kediri pada siswa kelas X IIS 2 semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan (n=31 siswa). Berpikir kritis siswa dihimpun dari soal post test (3 butir) dan sikap sosial siswa dihimpun dari lembar angket (22 butir). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, kemudian dibandingkan antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa sebesar 9,9 dan sikap sosial siswa sebesar 8,39 dari siklus 1 ke siklus 2. Lesson learn yang dapat diambil adalah penggunaan PTK berbasis LS memberikan kemudahan bagi guru model untuk melakukan kolaboratif dengan guru maupun observer. Kemudahan ini membuat hasil observasi didalam kelas lebih maksimal karena guru model akan fokus dalam mengajar serta data observasi di kelas lebih akurat sebab observer hanya fokus dalam mengobservasi.


Keyword

a

Reference

Alimuddin. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Karakter, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 03 Mei.

Anna, A.F. 2017. Peningkatan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII-C SMP Pawiyatan Daha 2 Kediri pada Materi Organisasi Kehidupan Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lesson Study (LS). Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Azizah, S.N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Metakognisi dan Sikap Sosial Siswa Kelas VII SMPN 1 Semen Kediri. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Ennis, R H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. (Online) (http://faculty.education.illionis.edu/ rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf), diakses tanggal 18 Januari 2018.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., Indriwati, S.E. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23 (1): 33-47.

Novadila, H., Pargito., Rizal, Y. 2013. Pengaruh Aplikasi Model Pembelajaran TPS, NHT,  dan Konvensional Terhadap Keterampilan  Sosial Siswa. Tesis. Tidak dipublikasikan. Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Prasetiyo, N, A., Mitasari, Z. 2016. Penerapan Model Pembelajaran NHT melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa pada Matakuliah Biologi Umum. Jurnal Bioedukatika, 4(1): 7-10.

Putri, I., Atmazaki., Syahrul, R. 2013.Pelaksanaan Lesson Study  Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia  Siswa Kelas VII.5 MTSN Lubuk Buaya Padang.Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 1(1): 108-117.

Setiawati, Y., Lasmawan, I,W., Marhaeni, A, A, I, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Thogeter (NHT) Terhadap Hasil Belajar PKN ditinjau dari Sikap Sosial pada Siswa Kelas V di Gugus IV Manggis, 2015 (5). (Online), tersedia: (http://media.neliti.com/ publications.html), di unduh 10 Oktober 2017.

Susilo, H., Chotimah, H., Joharmawan, R., Jumiati, Sari, Y.D., Sunarjo. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayu Media Publishing.

Susilo, H., Chotimah, H., Sari, Y.D. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media Publishing.

Wati, W., Fatimah, R. 2016. Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5 (2): 213-222.

Zubaidah, S. Corebima, A,D., Mistianah. 2015. Asesment Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symbion on Biology Education .


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI