PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 5 KEDIRI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS LESSON STUDY


Author (Penulis)

TITIS MULYANINGTIYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0010

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Group Investigation berbasis Lesson Study. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart secara Lesson Study sebanyak 3 siklus pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan melibatkan 1 guru model dan 8 observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Kediri (n=35 siswa). Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari jawaban soal esai yang dinilai menggunakan rubrik kemampuan berpikir kritis yang dimodifikasi dengan skor (0-5). Data motivasi belajar diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa setiap akhir siklus. Nilai kemampuan berpikir kritis siswa dan motivasi belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan data berpikir kritis dan motivasi belajar antara siklus I, II, dan III. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siklus I, II, III secara berurutan yaitu 48,39%, 73,23%, 79,84%. Rata-rata motivasi belajar siswa siklus I dan II mengalami peningkatan yaitu 72 % menjadi 72,14%, akan tetapi terjadi penurunan pada siklus III yaitu 71,26%.

 

Kata kunci: Berpikir kritis, motivasi, Group Investigation, lesson study, biologi.


Keyword

a

Reference

Ardi, A. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKN pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone. Jurnal Tomalebbi, 1 (1): 29-42

Chandrasari, T.R., Trapsilasiwi, D., Kurniati, D. 2015. Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study untuk Mengembangkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 9 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 pada Sub Pokok Bahasan Garis dan Sudut. Kadikma, 6 (2): 109-118.

Dewi, R.S. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model GI (Group Invesigation) dengan Media Game Pazzle untuk Meningkatkan Academik Skill dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Jurnal Educaion UNEJ. 2 (3): 1-6.

Pritasari, A.D.C. .2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Yogyakarta pada Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Susilo,.H, Chotimah, H, Joharmawan, R., Jumiati, Sari ,Y. D, Sunarjo. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Bayumedia.

Susilo, H., Chotimah, H., Sari, Y.D. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang : Bayumedia.

Zubaidah, S., Corebima, A D., dan Mistianah. 2015. Asesmen Berfikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Symbion: 200-213


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI