MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-QODIR MENGGUNAKAN MODEL TPS


Author (Penulis)

SAYYIDAH AHMAD
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0009

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas XI SMA Islam Al-Qodir Menggunakan Model TPS Pada Materi Sistem Reproduksi, Skripsi, Biologi, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi peneliti di SMA Islam Al-Qodir bahwa pembelajaran  di kelas XI IPA sering memakai model-model pemebelajaran kooperatif untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, guru akan membagi siswa dalam beberapa kelompok, dalam satu kelompok terdiri 5-6 orang anak hal tersebut mengakibatkan kinerja dan tanggung jawab anak dalam kelompok tidak maksimal. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan kolaborasi atau kerja sama siswa berkurang.

Tujuan penelitian ini adalah apakah model TPS dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa kelas XI SMA ISlam Al-Qoddir. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMA Islam Al-Qodir. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa lembar observasi kemampuan kolaborasi, angket kemampuan kolaborasi dan observasi penerapan model TPS.

Hasil penelitian ini bahwa observasi kemampuan kolaborasi siswa meningkat dari siklus I 79,0% dan siklus II 83,4%, penerapan model TPS naik dari siklus I 96,1% ke siklus II 100% dan angket kemampuan kolaborasi siswa naik dari siklus I 95,6% dan siklus II 100%.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah model TPS dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa kelas XI SMA Islam Al-Qodir. Berdasarkan hasil simpulan penelitian ini direkomendasikan: untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dapat menggunakan model Think-Pair-Share (TPS)

 

KATA KUNCI  : TPS, kemampuan Kolaborasi.


Keyword

a

Reference

Ali, M. 2013. Prosedur dan Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi.  2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Dit. PSMA 2017. Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013. Jakarta: Dit. PSMA

Jatmiko. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology And Society) Pada Pokok Bahasan  Fluida Statis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis  Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Gedangan ol. 02 No. 03. Jurnal Inovasi Pendidikan  (61) :  69-61

Nuraini, nita. 2014. The Development of Module Based on POE (Predict, Observe and Explain) with Roundhouse Diagram to Empowering 10th Grade Student’s Science Process Skills and Student’s Explaining Abilities of State Senior High School 5 Surakarta. Bioedukasi 7 (1) : 37- 43.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Wahyuni, dwi dkk. 2015. Efektivitas Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Diintegrasikan Dengan Predict – Observe – Explain (Poe) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Inferensi Siswa.   Jurnal Inkuiri 4( I) : 47-62.


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI