PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI MIPA 4 SMAN 3 KEDIRI


Author (Penulis)

ELVA NINDYA KARTIKA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0008

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan pembelajaran yang terlaksana telah ditemui beberapa kendala  diantaranya adalah siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi Sistem Koordinasi Manusia karena terlalu banyak konsep yang harus dipelajari. Guru hanya cenderung menggunakan metode ceramah dan diskusi terbuka maka dari itu guru menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Metakognitif Siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 3 Kediri.

            Penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 3 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, Silabus, Lembar Diskusi Siswa, Bahan Ajar, Kisi-kisi soal post test serta Lembar Observasi Guru dan Siswa.

            Berdasarkan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa menurut pengukuran skala green masuk dalam kategori baik pada siklus I sebanyak 17 siswa dan pada siklus II sebanyak 23 siswa.Sedangkan berdasarkan skala gain masuk dalam kategori sedang sebanyak 19 siswa. Berdasarkan hasil observasi tingkat keterampilan metakognitif menurut pengukuran skala green masuk dalam kategori baik pada siklus I sebanyak 16 siswa dan pada siklus II 21 siswa. Sedangkan pada skala gain masuk dalam kategori sedang sebanyak 22 siswa.

 

Kata kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis

 

 

 

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arends, Richards. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, Richard I. 2013.  Belajar untuk Mengajar , Learning to Teach. Jakarta: Salemba

         Humanika.

Corebima. 2009. Berdayakan Ketrampilan Berpikir selama Pembelajaran SAINS demi masa depan kita. Surabaya: UNESA University Press.

Ennis, R. H. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills, (online), http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journal/ed_lead/el_1985_ennis.

Finken dan Ennis. 1993. Llinois Critical Thinking Essay Test. Illinois Critical Thinking Project Departement of Educational Policy Studies University of Illions on line. (http://www.criticalthinking.net /IIICTEssayTestFinken-Ennis 12-1993LowR.pdf).

Fisher,A. 2009. Berpikir kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gayatri. 2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Ketrampilan Pembuatan Proposal Penelitian Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 1 (14) : 2302-8556.

Paidi, 2007. Diakses 16 Juni 2013. Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. http://staff.uny.ac.id/sites /default/files /132 048519 /Arti kel%20 Semnas%20FMIPA2010%20UNY.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono , dan Supardi. 2006.  Penelitian Tindakan . Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Suratno. 2010. Memberdayakan Ketrampilan Metakognisi Siswa dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw Reciprocal Teaching (JIRAT). Jurnal Pendidikan, 2(17): 150-156.

Susantini, E. 2004. Memperbaiki Kualitas Proses Belajar Genetika Melalui Strategi Metakognitif dalam Pem-belajaran Kooperatif pada Siswa SMU. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI