PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMAN 3 KEDIRI


Author (Penulis)

BINTI MUNIFATUL UMROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0007

Abstract

ABSTRAK

 

Binti Munifatul Umroh: Penerapan Strategi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Motivasi Belajar Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 3 KEDIRI.

Pembelajaran Mipa di SMA 3 Kediri guru menggunakan metode ceramah, dan diskusi terbuka, model yang digunakan masih belum spesifik. Kendala yang dihadapi guru siswa sulit untuk memvisualisasikan materi yang disampaikan.  Sehingga siswa merasa bosan dan jenuh jika tidak melakukan praktek secara langsung, sebagian siswa mempunyai kelompok pertemanan, apabila diskusi kelompok mereka cenderung tidak mau melakukan kelompok karena yang mengerjakan hanya berpusat satu siswa saja dalam satu kelompok dan kurang memperhatikan gurunya pada saat proses pembelajaran. Apalagi pada saat jam terakhir beberapa siswa mengantuk terlihat dari wajahnya tidak bersemangat untuk mendengarkan materi yang disampaikan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan Problem Based Learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan interaksi sosial dan motivasi belajar siswa pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini merupakan penelitian PTK. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Data diperoleh menggunakan angket interaksi sosial dan angket motivasi belajar (ARCS).

Hasil Penerapan strategi Problem based learning dapat meningkatkan hasil interaksi sosial siswa dari siklus I pada indikator Kerjasama jumlah skor 42,36 dengan kategori T meningkat pada siklus II 47,15 dengan kategori ST. Indikator Persesuaian jumlah skor 27 dengan kategori T meningkat pada siklus II 28,42 dengan kategori ST. Dan indikator Asimilasi jumlah skor 17,69 dengan kategori T meningkat pada siklus II 19,12 dengan kategori ST.

          Penerapan strategi Problem based learning dapat meningkatkan hasil motivasi belajar dilihat dari siklus I pada indikator Perhatian (A) jumlah rerata 3 dengan kategori Baik meningkat pada siklus II 3,12 dengan kategori Baik. Indikator Relevansi (R) jumlah rerata 2,77 dengan kategori Baik meningkat pada siklus II 3,12 dengan kategori Baik. Indikator Percayadiri (C) jumlah rerata 2,68 dengan kategori Baik meningkat pada siklus II 3,07 dengan kategori Baik. Dan indikator kepuasan (S) jumlah rerata 2,84 dengan kategori Baik meningkat pada siklus II 3,23 dengan kategori Baik. Hasil yang ditunjukkan dari siklus I dan siklus II meningkat meski dalam dalam kategori yang sama yaitu Baik.

 

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, interaksi sosial, motivasi belajar

 

 


Keyword

a

Reference

Astiti, D.R. 2013. Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Program Akselarsi SD HJ.Isriati Baiturrahman 01 Semarang. Skripsi. Semarang: UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

 

Bactiar, Suhaedir.2015. Pengaruh Integrasi Problem based Learning (PBL) Dengan Number Head Together (NHT) Pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Motivasi, Sikap, Metakognisi, Ketrampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMAN Di Kabupaten Jene Ponto. Skripsi. Malang: UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

 

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RINEKA CIPTA.

 

Indraswari, F. 2013. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Permainan Kerja Sama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 3 Lamongan. Jurnal BK UNESA. 01 (01): 208-215.  

 

Rusman. 2015. PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT RAJA Grafindo Persada.

 

Suprihatin, S. 2015. Upaya Guru  Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 3 (1) : 73-82.

 

Ulfah, M. 2015. Model Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament (TGT), Upaya untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (1) : 103- 112.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI