PENERAPAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS LESSON STUDY (LS) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, PERILAKU BERKARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 5 SMAN 5 KEDIRI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI


Author (Penulis)

RINDA WAHYUTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa, perilaku berkarakter siswa dan hasil belajar melalui penerapan Group Investigation berbasis Lesson Study pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis Lesson study dengan menerapkan strategi Group Investigation pada KD 3.9 sampai KD 3.10. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 (35 siswa) dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017-2018 antara bulan Maret - April 2018.

Data keaktifan siswa dihimpun dari lembar angket (33 butir pernyataan), perilaku berkarakterdihimpun dari lembar angket (29 butir pernyataan) dan hasil belajar siswa dihimpun dari soal post test. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yaitu dengan membandingkan data dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3.

Hasil yang diperoleh adalah: ada peningkatan keaktifan siswadari siklus I sampai siklus III, namun terjadi penurunan pada siklus II. Secara berurutan rata-rata siklus I sampai III adalah 74,41,  73,91, 76,03. Ada peningkatan perilaku berkarakter dari siklus I sampai siklus III, namun terjadi pada siklus II. Secara berurutan rata-rata siklus I sampai III adalah 74,86, 74,66, 77,67. Ada peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III secara berurutan rata-rata siklus I sampai III adalah 35,11, 61,06, 79,47.

Hasil dari penelitian yang dilakukan dalam meningkatan keaktifan siswa, perilaku berkarakter dan hasil belajar melalui penerapan strategi Group Investigation berbasis Lesson Study dikategorikan cukup baik, karena mengalami kenaikan. Lesson learn kegiatan ini adalah keaktifan siswa dan perilaku berkarakter siswa dapat lebih terpantau.

 

Kata kunci : Group Investigation, lesson study, keaktifan, perilaku berkarakter, hasil belajar, biologi


Keyword

a

Reference

Aliwu, Y., Hatibe, A., Rede, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN No.1 Labuan Bajo. e-Jurnal Mitra Sains. 4 (2):46-53.

Ayu, L.T., Waluyo, J., Suratno. 2014. Pengaruh  Metode Pembelajaran Diskusi Berbasis Lesson Study Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi dengan Menggunakan Assessment Portofolio (Siswa  Kelas X Semester Genap  SMA Negeri Kalisat Tahun  Ajaran 2012/2013). Pancaran: 3 (1):111-120.

Cahyaningrum, R., Parno., Muhardjito. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Prosiding Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 1: 431-441.

Dewi, R.S. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model GI (Group Invesigation) dengan Media Game Pazzle untuk Meningkatkan Academik Skill dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Jurnal Educaion UNEJ. 2 (3): 1- 6.

Hanafi, M.A. 2013. Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Mahārah Al-Qirā’ah) Siswa Kelas VIII MTSN Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nugroho, I. 2014. Penerapan Strategi  Pembelajaran Group Investigation untuk Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rahmawati, E,D. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation  (GI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas X 3 SMA NEGERI Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Sosialitas. 2 (1).

Sari, R.R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IIS 5 Sma Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Susilo, H. Chotimah, H., Sari, Y.D. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan keprofesian Guru dan Calon Guru. Malang: Bayu Media: 12-16

Widhiatmoko, I., Khafid, M. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Persamaan Akuntansi Melalui Pendekatan Pendidikan Karakter Menggunakan Metode Group Investigation. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. 9 (2): 121 – 129.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI