PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS X-IPA PADA MATERI PROTISTA DI SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI


Author (Penulis)

ENDAH PURWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.06.0004

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan argumentasi ilmiah dan metakognitif siswa pada materi protista. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Mumammadiyah kediri sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah perencanaan, aksi observasi, dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar validasi, lembar LDS, dan test. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat argumentasi ilmiah dan keterampilan metakognitif siswa dengan menggunakantes tulis. Teknik analisis data menggunakan jenis data kuantitatif dengan pelaksanaan test pada siklus I dan siklus II.

Hasil yang diperoleh dengan menggunakan skala green pada siklus I yang paling tinggi kemampuan argumentasi ilmiah siswa adalah katagori Ok terdapat 12 siswa dan pada siklus II sebanyak 20 siswa. Sedangkan hasil data untuk keterampilan mekakognitif siswa yang pling tinggi adalah dalam katagori Ok pada siklus I terdapat 13 siswa dan pada siklus II ada 21 siswa. Berdasarkan hasil data menggunakan skala gain kemampuan argumentasi ilmiah siswa terdapat 3 katagori yaitu sebanyak 2 siswa memiliki katagori tinggi, 18 siswa memiliki katagori sedang dan 11 siswa dalam katagori rendah. Sedangkan kemampuan metakognitif siswa hanya terdapat 2 katagori yaitu sebanyak 18 siswa di katagorikan sedang dan 13 siswa di katagorikan rendah. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerepan strategi Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan argumentasi ilmiah siswa dan keterampilan metakognitif siswa pada materi protista.

 


Keyword

STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH, KEMAMPUAN METAKOGNITIF

Reference

Ennis, R. H. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills, (online), http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journal/ed_lead/el_1985_ennis. Kediri, 10 September 2018.

Meltzer, D.E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostics Pretest Scores. Dalam American Journal of Physics. Vol. 70 (12) 1259-1268. [Online]. Tersedia :http.//www.physics. iastate.edu/per/docs/Addendum_on_normalized_gain. [9 Oktober 2006].

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Beorientas Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Susantini, E. 2004. Memperbaiki Kualitas Proses Belajar Genetika Melalui Strategi Metakognitif dalam Pem-belajaran Kooperatif pada Siswa SMU. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Winarmi. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran iInkuiri Terbimbing dan Masyarakat Belajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Life-Skills Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 10 (1): 1-7.

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade