APLIKASI RANTAI MARKOV DALAM MERAMALKAN PANGSA PASAR (STUDI KASUS MEREK KAIN BATIK DI TOKO NAGA MAS SURABAYA)


Author (Penulis)

DINI DAULIKA PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0145

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dalam meramalkan pangsa pasar sesuai atau tidak. Sehingga dibutuhkan model yang dapat menentukan pangsa pasar salah satunya adalah Model Rantai Markov. Model Markov berguna baik dalam studi tentang aplikasi Rantai Markov dalam meramalkan pangsa pasar, yang tujuannya mungkin untuk mengetahui arah dominan atau tingkat perubahan dari keempat produk di masa yang akan datang yaitu produk unggulan yang mana yang akan dipakai kedepannya. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui aplikasi Rantai Markov dalam meramalkan pangsa pasar kain batik di Toko Naga Mas Surabaya. 2) Mengetahui keefektifan model Rantai Markov dalam meramalkan pangsa pasar kain batik di Toko Naga Mas Surabaya. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan untuk analisis data adalah analisis kuantitatif. Subyek dalam penelitian pada Toko Naga Mas Surabaya  adalah: Pemilik toko dan Bagian akuntansi. Obyek adalah data penjualan bulan April 2017-Januari 2018. Adapun data yang diambil adalah data keuangan selama 10 bulan berturut-turut pada di Toko Mas Surabaya. Uji hipotesis menggunakan analisis Rantai Markov dan uji-t (independen sampel test). Hasil analisis data penelitian adalah: 1) Aplikasi Rantai Markov sesuai dalam meramalkan pangsa pasar kain batik di Toko Naga Mas Surabaya. 2) Aplikasi rantai markov efektif dalam meramalkan pangsa pasar kain batik di Toko Naga Mas Surabaya. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh nilai signifikan sebesar = 0,007 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

 

 

Kata kunci: Rantai Markov dan Meramalkan Pangsa Pasar.


Keyword

a

Reference

Ahmad, Subagyo 2015. Marketing In Business. Edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

 

Arman, Hakim Nasution. 2012. Manajemen Industri. Yogyakarta: Andi Offset.

 

Aryanto, R. 2009. Memenangkan Persaingan Pemasaran Antar Akomodasi Pariwisata di Kepulauan Seribu. Jurnal Sains Kepariwisataan & Pengetahuan Umum. Vol. VI No. 3.

 

Assauri, Soyjan. 2011. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFEUI.

 

Noer, Bustanul Arifin. 2010. Belajar Mudah Riset Operasional. Yogyakarta: Pustaka Andi.

 

Hiller dan Liberman. 2005. Introduction to Operatations Research Egiht Edition. Yogyakarta: Andi. 

 

Kasali, R. 2003. Manajemen Public Relations. Grafiti, Jakarta.

 

Kotler, Philip. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

 

Kulkarni, V. G. 2014. A classified bibliography of research on stochastic PERT networks. INFOR, 27(3), 272-296.

 

Mirzaei, Ali., Liu, Guy., Moore, Tomoe. 2011. Does Market Structure Matter on Bank’s Profitability and Stability? Emerging versus Advanced Economies. Brunel University.

 

Nana, Sudjana, 2010. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Nasution, S. 2011. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.

 

Nursya’bani Purmama dan Hery Setiawan. 2010. Analisis Pengaruh Sumber-sumber Keunggulan Bersaing Bidang Pemasaran Terhadap Kinerja. JSB No.8 Vol. 2, 105-130, ISSN: 0853-7665.

 

Sofyan, Syafri. 2014. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan Edisi 11. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Sonnenberg, Anton, dkk. 2014. “Cultivation of Oyster Mushroom on Cassava Waste”. Proceedings of the 8th International Conference on Mushroom Biology and Mushroom Products (ICMBMP8).

 

Subagyo, dkk. 2015. Dasar-dasar Operations Research. Yogyakarta: BPFE. 

 

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

 

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta, Andi.

 

William J. S. 2014. Fundamental of Marketing, Mc. Graw Hill Inc.

 

Yusi, Syahirman dan Idris, Umiyati. 2012. Metodelogi Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kuantitatif. Palembang: Citra Books Indonesia.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI