Penerapan Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa


Author (Penulis)

RINA ROSITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0141

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman peneliti pada praktek pengalaman lapangan (PPL) dan observasi kelas VIII SMP Negeri 2 Ponggok, bahwa pembelajaran matematika di SMP masih dominan peran guru dalam proses belajar mengajar. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan monoton. Hal tersebut nampak dari hasil kemampuan koneksi matematis yang tidak sesuai harapan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran discovery learning pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Ponggok? (2) Bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa sesudah diberikan perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran discovery learning pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Ponggok?  (3) Adakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ponggok sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran discovery learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ponggok. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 pertemuan menggunakan perangkat pembelaaran lengkap dan lembar soal pretes dan postes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa di kelas sampel penelitian sebelum diberikan perlakuan metode discovery learning,hasil analisis dapat di lihat dari nilai tes awal (pretest) dan kemampuan siswa dalam memunculkan indikator pada setiap soal. (2) Kemampuan koneksi matematis siswa di kelas sampel penelitian sesudah diberikan perlakuan metode discovery learning,hasil analisis dapat di lihat dari nilai tes akhir (posttes) dan kemampuan siswa dalam memunculkan indikator pada setiap soal.  (3) Terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ponggok melalui penerapan metode pembelajaran discovery learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pengunaan metode pembelajaran discovery learning ini dapat diterapkan pada semua bab matematika karena memanfaatkan berbagai sumber belajar, setting belajar dan media belajar yang digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

 

Kata Kunci  : discovery learning, kemampuan koneksi matematika siswa


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Afgani, J.D. (2011). Analisis  Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dewi, M. (2013). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Kertosari 02 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Dipublikasikan. FKIP Universitas Jember.

Persada, A.R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemun (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Segiempat). Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Santia, Ika dkk. 2017. Modul Pelatihan SPSS. Kediri.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanirawati, Silvia dkk. 2012. Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Disertai Tugas Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan. FMIPA UNP Padang.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI