PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 1 GROGOL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY METODE BRAINSTORMING MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR


Author (Penulis)

DINI APRILINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0140

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, siswa dituntut untuk dapat mengkomunikasikan permasalahan dengan baik. Selain itu model pembelajaran dan metode mengajar juga sangat mempengaruhi terbentuknya komunikasi matematis yang baik. Setiap siswa memiliki tingkat komunikasi matematis yang berbeda sesuai dengan hasil belajarnya. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematis siswa SMAN 1 grogol melalui model pembelajaran knisley metode brainstorming materi trigonometri ditinjau dari hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa dengan hasil belajar tinggi dan hasil belajar rendah. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen-instrumen antara lain lembar tes hasil belajar, lembar tes komunikas imatematis, dan lembar pedoman wawancara guna mengetahui profil komunikasi matematis pada materi trigonometri ditinjau dari hasil belajar. Hasil penelitian yaitu subjek dengan nilai tertinggi menyatakan masalah dengan menyebutkan semuain formasi yang diketahui dan ditanyakan dengan kalimatnya sendiri, subjek menggunakan informasi yang ada untuk mencari informasi pendukung untuk menyelesaikan permasalahan, subjek juga mengubah soal ke dalam bentuk gambar, subjek menghubungkan semuai nformasi yang ada ke dalam rumus sesuai dengan permasalahan yang ada, namun subjek tidak selalu menuliskan kesimpulan dari hasil pengerjaannya. Sedangkan subjek dengan nilai terendah menyatakan semua informasi menggunakan symbol matematika, subjek tidak menuliskan apa yang ditanyakan pada soal namun menuliskannya dalam gambar ilustrasi, informasi yang ada pada soal diubah kedalam bentuk gambar,subjek tidak selalu menjelaskan langkah-langkah yang dituliskan, jika masih bingung subjek hanya mengubahnya kedalam bentuk gambar, subjek menghubungkan semua informasi dengan disubtitusikan kedalam rumus, meskipun rumus yang digunakan sudah sesuai dengan maksud soal namun terjadi kesalahan saat perhitungan, sehingga hasil yang didapatkan tidak sesuai.


Keyword

a

Reference

Asikin, M. (2002).“Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik”.Jurnal Matematika atau Pembelajarannya (ProsidingKonferensi Nasional Matematika XI) .7, (Edisi Khusus), (492-496).

Knisley, J. (2003). A Four-Stage Model of Mathematical Learning. Dalam Mathematics Educator [Online], Vol 12 (1) 10 halaman.Tersedia: http//Wilson Coe.uga.edu/DEPT/TME/Issues/v12n1/3knisley.html.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suriasumantri, Jujun. 2008. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka sinar harapan.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI