Penerapan Model Pembelajaran Heuristik Klurik and Rudnick untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis


Author (Penulis)

IKA MARIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0136

Abstract

Abstrak

 

Penelitian dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis bagi siswa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Heuristik Klurik and Rudnick, (2) untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Heuristik Klurik and Rudnick

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional menggunakan one group pre-test post-test desain. Penelitian menggunakan sampel kelas VIII-G  SMP Negeri 2 Wates dengan jumlah siswa 35 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling.

            Penelitian ini menunjukkan dua hasil. Pada hasil pertama dilihat dari lembar observasi aktivitas guru yang menunjukkan hasil 77,5%,berada dalam kategori baik dan hasil observasi aktivitas guru, terdapat hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan hasil prosentase 76% dalam kategori baik. Hasil kedua yaitu berupa perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 ≤ 0,005 sehingga H0 ditolak H1 diterima. Artinya ada peningkatan komunikasi matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Heuristik Klurik and Runick. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan model pembelajaran Heuristik Klurik and Runick dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas siswa baik, (2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis setalah diterapkannya model pembelajaran Heuristik Klurik and Runick. Setelah dilakukan penelitian ini diharapkan model pembelajaran Heuristik Klurik and Runick dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan komunikasi matematis.

 

Kata kunci : Heuristik, Klurik and Rudnick, Komunikasi Matematis


Keyword

Heuristik Klurik and Rudnick, komunikasi matematis

Reference

Ansari.2015. Komunikasi Matematis, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: PeNA

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Asikin, Mohammad dan Iwan Juanaedi. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Matematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Reserarch. ISSN: 2252-6455. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Deni dan Din. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Kadir. 2009. Kemampuan komunikasi Matematik Siswa SMP di Daerah Pesisir Kabupaten Buton setelah Mendapat Pembelajaran Kontekstual Pesisir. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah : “ Pembudayaan Matematika di Sekolah Untuk Mencapai Keunggulan Bangsa”. ISBN : 978-979-16353-4-9. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Kholifah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristik Klurik-Rudnick Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa. Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: Kata Pena

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade