Abstrak
Penelitian dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan komunikasi matematis bagi siswa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Heuristik Klurik and Rudnick, (2) untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Heuristik Klurik and Rudnick
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional menggunakan one group pre-test post-test desain. Penelitian menggunakan sampel kelas VIII-G SMP Negeri 2 Wates dengan jumlah siswa 35 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling.
Penelitian ini menunjukkan dua hasil. Pada hasil pertama dilihat dari lembar observasi aktivitas guru yang menunjukkan hasil 77,5%,berada dalam kategori baik dan hasil observasi aktivitas guru, terdapat hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan hasil prosentase 76% dalam kategori baik. Hasil kedua yaitu berupa perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 ≤ 0,005 sehingga H0 ditolak H1 diterima. Artinya ada peningkatan komunikasi matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Heuristik Klurik and Runick. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan model pembelajaran Heuristik Klurik and Runick dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas siswa baik, (2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis setalah diterapkannya model pembelajaran Heuristik Klurik and Runick. Setelah dilakukan penelitian ini diharapkan model pembelajaran Heuristik Klurik and Runick dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan komunikasi matematis.
Kata kunci : Heuristik, Klurik and Rudnick, Komunikasi Matematis
Ansari.2015. Komunikasi Matematis, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: PeNA
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Asikin, Mohammad dan Iwan Juanaedi. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Matematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Reserarch. ISSN: 2252-6455. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Deni dan Din. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kadir. 2009. Kemampuan komunikasi Matematik Siswa SMP di Daerah Pesisir Kabupaten Buton setelah Mendapat Pembelajaran Kontekstual Pesisir. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah : “ Pembudayaan Matematika di Sekolah Untuk Mencapai Keunggulan Bangsa”. ISBN : 978-979-16353-4-9. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Kholifah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristik Klurik-Rudnick Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa. Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: Kata Pena
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama