PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMAN 3 KEDIRI MATERI TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN COOPERATIVE SCRIPT BERDASARKAN GAYA KOGNITIF TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RAFITA DEVI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0135

Abstract

ABSTRAK

 

Pendidikan matematika di sekolah bertujuan agar siswa memiliki cara berpikir kreatif yang baik dalam menyelesaikan soal. Matematika dan berpikir kreatif merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan yaitu dalam pembelajaran matematika kreativitas sangat dibutuhkan terutama dalam menyelesaikan soal matematika yang melibatkan siswa untuk berpikir kreatif, dimana siswadiharapkan dapat mengemukakan ide-ide baru yang kreatif dalam menyelesaikan soal. Dalam pembelajaran kebanyakan siswa malas mengikuti pembelajaran yang berpusat pada guru menimbulkan rendahnya cara berpikir kreatif. Pembelajaran akan lebih bermakna, hendaknya menggunakanstrategi pembelajaranyang berpusat pada siswa yaitu Cooperative Skript. Agar siswa memiliki caraberpikir kreatif yang baik maka aspek yang perlu diperhatikan salah satunya karakteristik dalam menerima, memproses, dan mengorganisasikan informasi untuk mencapai solusi atau disebut dengan gaya kognitif, setiap siswa memiliki gaya kognitif berbeda. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMAN 3 Kediri Materi Trigonometri menggunakan Cooperative Script berdasarkan Gaya Kognitif Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Pendidikan Matematika.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan 4 subjek penelitian yaitu 2 siswa reflektif dan 2 siswa impulsif yang diperoleh dari Matching Familiar Figure Test (MFFT) dan tes berpikir kreatif.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian kedua subjek reflektif yaitu SR? dan SR? mampu membuat soal dan penyelesaiannya mengikuti pola tertentu dengan lancar, menggunakan cara yang beragam atau lebih dari satu, dan membuat soal yang berbeda dan baru. Dua subjek impulsif yaitu SI?dan SI?,yang pertama SI? mampu membuat soal dan penyelesaiannya mengikuti pola tertentu. Akan tetapi memberikan penjelasan kurang lengkap dan kurang lancar,menggunakan cara yang beragam, membuat soal yang berbeda dan baru dari soal yang ia buat sebelumnya. Kemudian yang kedua SI?, mampu membuat soal dan penyelesaiannya mengikuti pola tertentu. Akan tetapi, pertanyaan yang diajukan kurang sesuai dengan perintah soal tes berpikir kreatif sehingga penyelesaian yang dihasilkan kurang tepat, tidak menyelesaikan soal menggunakan ragam cara, dan membuat soal yang berbeda dengan mengaitkan soal sebelumnya.

 

 

Kata Kunci  : Berpikir Kreatif, Cooperative Script, Gaya Kognitif.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Hadi, R. 2017.  Dari Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning : Perubahan Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi. (Insania, Vol.12, No.3). hlm 408-419.

Handiningtyas, Wahyu. 2016. Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika Sosial dan Perbandingan ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Negeri 15 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Tesis. Tidak dipulikasika. Surakarta: UNS.

Nasution, S. 2006. ”Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar”. Bandung : PT. Bumi Aksara.

Siswono, T.Y.E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya : Unesa Univercity Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Warli. 2009. Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif (Studi Pendahuluan Pengembangan Model KBR-I). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI