Critical thinking skill diperlukan dalam pembelajaran matematika yang di dukung oleh teknologi. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana siswa menggunakan critical thinking skill dalam memecahkan masalah perbandingan trigonometri dengan kemampuan yang berbeda untuk sehingga diketahui bagaimana siswa menggunakan proses berfikir tersebut. Selanjutnya fokus penelitian adalah critical thinking skill dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memecahkan perbandingan trigonometri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Kediri dari kelas X MIA3. Peneliti mengumpulkan data dan mengelompokkan menjadi tiga subyek penelitian, selanjutnya memberi tes tulis dan mengklarifikasi subyek dengan wawancara. Hasil menunjukan bahwa penggunaan critical thinking skill dalam pemecahan masalah perbandingan trigonometri siswa berkemampuan rendah adalah kurang, siswa berkemampuan sedang adalah cukup, dan siswa berkemampuan tinggi adalah baik. Indikator critical thinking skill dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam rumus-rumus dasar dan konsep perbandingan trigonometri. Penelitian dapat disimpulkan apabila siswa kesulitan dalam memecahkan masalah perbandingan trigonometri salah satunya dapat menggunakan critical thinking skill.
Kata kunci: critical thinking skill, pemecahan masalah, perbandingan trigonometri
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.2013.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT. Bumi Aksara
Lukitasari, Marheny dkk.2017.21st Century Skill MahasiswaCalon Guru dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA.372-378
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. 2016. Kediri: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Nusantara PGRI Kediri
Santia, Ika.2016. Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Calon GuruMatematika Melalui Critical Lesson Study. Jurnal Pedagogi A, 5(10): 157-168.
Siswono, Tatag Yuli Eko.2016. Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Surabaya
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta
Suriasumantri, Jujun S.2009.Filsafat Ilmu sebuah Pengantar Populer.Jakarta: PUSTAKA SINAR HARAPAN
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. 2003.Jawa Timur: Biro Mental Spiritual
Yohanie, Dian Devita.2015. Proses Berpikir Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pemecahan Masalah Pembuktian Tahun Akademik 2014/2015.Universitas Sebelas Maret Surakarta