ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL


Author (Penulis)

SYAHDINI IFASAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0128

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial tinggi; (2) Untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial sedang; dan (3) Untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan spasial rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Kediri, yang terdiri dari 3 siswa dengan menggunakan teknik non probablility sampling. Subjek dipilih 1 dari masing-masing tingkatan kemampuan spasial. Hasil dari penelitian di SMP Negeri 2 Kediri bahwa, baik siswa berkemampuan spasial tinggi, siswa berkemampuan spasial sedang, dan siswa berkemampuan spasial rendah mengalami kesalahan saat menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Kesalahannya berupa, (1) Kesalahan konsep, seperti siswa tidak mampu menentukan rumus yang tepat untuk menyelesaikan materi bangun ruang sisi datar. (2) Kesalahan data, dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar siswa mengalami kesalahan tidak menggunakan data dari soal dan siswa salah memasukkan data ke rumus yang siswa tuliskan. (3) Kesalahan interprestasi data, kesalahan ini dimana siswa tidak memahami simbol yang digunakan untuk menyelesaikan soal. (4) Kesalahan teknis, dalam kesalahan ini siswa ada yang tidak mampu menyelesaikan prosedur dari penyelesaian soal dan ada juga siswa yang sudah benar prosedur penyelesaian soal namun hasil yang dihitung salah.

 

KATA KUNCI  : Analisis Kesalahan, Kemampuan Spasial


Keyword

Analisis kesalahan, kemampuan spasial

Reference

Asis, Musdalifah. 2015. Profil Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis (Online). 3 (1). Tersedia: http://ojs.unm.ac.id., dinduh 26 Desember 2017.

Koentjaraningrat. 1993. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Depdikbud

Latifah, Minahatul. 2017. Profil Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemampuan Spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (Online). 3 (6).

Novferma, N. 2016. Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3 (1): 76-87.

Smith, C.W., Elkins J. & Gunn S. 2011. Multiple perspectives on difficulties in learning literacy and numeracy. London, UK: Springs.           


PUBLISHED

2019-07-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade