EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PADA MATERI PELUANG


Author (Penulis)

MOCHAMMAD EMIL MAULANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0126

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis adalah proses berpikir dalam menyelesaikan masalah matematika secara terampil, rinci, dan teliti yang melibatkan pengetahuan, penalaran, dan pembuktian matematika. Berpikir kritis termasuk merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang seyogyanya dikembangkan sejak dini melalui pembelajaran di sekolah. Hal ini bisa melalui model pembelajaran yang diterapkan salah satunya model pembelajaran Co-op Co-op. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan hasil belajar pada kelas eksperimen serta perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A dan VIII C MTsN 3 Kediri. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dilihat dari nilai mean data yang diperoleh pada pretest 49,38 sedangkan pada posttest didapat 53,34; 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara kelas eksperimen dan kontrol dilihat berdasarkan nilai mean data kedua kelompok, 3) terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa kelas eksperimen dilihat dari nilai mean data yang diperoleh pada pretest 63,63 sedangkan pada posttest didapat 67,63, dan 4) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara kelas eksperimen dan kontrol dilihat berdasarkan nilai mean data kedua kelompok.


Keyword

a

Reference

Fischer, A. 2014. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sa’adah, W. N. 2010. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Skripsi (Online). Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Sugiono. 2010. Belajar & Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.  2003. Diperbanyak oleh Biro Mental Spiritual Pemprov Jatim.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI