PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VII MTsN 3 KEDIRI


Author (Penulis)

NURUL MA'RIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0125

Abstract

Matematika memiliki peranan strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Salah satu tujuan tersebut adalah mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi dan mengkomunikasikan gagasan. Namun pada kenyataanya tujuan tersebut belum dituangkan sepenuhnya dalam proses pembelajaran, kemampuan peserta didik dalam menyampaikan informasi dan mengkomunikasikan gagasan masih tergolong rendah. Sehingga perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik di lapangan. Peneliti memilih salah satu model pembelajaran yang sesuai dan efektif yaitu model pembelajaran quantum teaching..

Penelitian ini nmerupakan Quasi Experiment dengan bentuk desain Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII MTsN 3 Kediri. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi tes dan observasi. Uji prasyarat instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Teknik analisis yang digunakan adalah uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis data akhir dengan menggunakan uji t satu sampel dan uji t dua sampel independen. Harapannya adalah agar model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternative pembelajaran bagi semua pihak khususnya guru

Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS for Windows Version 21.0, menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,000 dimana < 0,05 sebagai taraf signifikansi, maka H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi penyajian data siswa kelas VII MTsN 3 Kediri setelah diajar dengan model pembelajaran quantum teaching lebih dari 67. Sedangkan uji hipotesis perbedaan dua rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan control menunjukkan bahwa nilai p-value 0,000 dimana < 0.05, maka H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.


Keyword

a

Reference

DePorter, Bobbi., dkk. 1999. Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan Ary Nilandari. 2010. Bandung : Kaifa.

Ansari, Bansu.I. 2016. Komunikasi Matematik : Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh : Pena

Sugiyono. 2016a. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016b. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Astuti, A. Leonard. 2009. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap PrestasBelajar Matematika Siswa. Jurnal FT Universitas Indrapasta PGRI, (online), diakses pada 13-09-2017 12.39.

Sari, Kusnadi dkk, A Cognitive Analysis of Students Mathematical Communication Ability on Geometry. Jurnal Internasional, (online), diakses pada 13-09-2017 14.21.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI