PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC PADA MATERI PENYAJIAN DATA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI


Author (Penulis)

RISMA NUR FAIZAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0123

Abstract

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK).

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP masih menggunakan model lama yang didominasi oeh guru. Akibatnya suasana kelas terlihat pasif, dan membosankan. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Padahal komunikasi matematis sangatlah penting dalam keberhasilan pembelajaran matematika.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) pada materi penyajian data di kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri? (2) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran langsung pada materi penyajian data di kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri? (3) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) lebih baik dibandingkan dengan melalui model pembelajaran langsung pada materi penyajian data di kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan bentuk design the randomized posttest only control. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis dan wawancara kemampuan komunikasi matematis siswa. Uji prasyarat instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan analisis data menggunakan uji t dua sampel independen.

Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS Statistics 24 menunjukkan bahwa nilai p-value(2-tailed) dari hasil uji perbedaan dua rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen dan kontrol adalah 0,138 dimana > 0,05, maka H0 diterima. Sehingga kesimpulannya adalah tidak ada perbedaan antara penerapan model pembelajaran VAK dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.


Keyword

Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK)

Reference

Ansari, Bansu I. 2016. Komunikasi Matetematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: Yayasan PeNA.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Eka, Karunia. dan Ridwan, Mokhammad. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Rosalinda, Pipit. 2018. Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Pada Materi Theorema Phytagoras di SMP Negeri 2 Tarokan. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeeta.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeeta.

Uyanto, Stanislaus. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Whardani, Fajria. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Daarul Hikmah Pamulang pada Materi Segiempat dan Segitiga. Skripsi, (Online), tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id. Diunduh pada 11 Juli 2017.


PUBLISHED

2019-07-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade