Dalam dunia pendidikan guru merupakan bagian terpenting dalam belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Namun masih terlihat masalah klasik yang muncul dalam pembelajaran matematika yaitu masih ada guru yang melakukan proses pembelajaran dengan pendekatan konvensional, yakni guru secara aktif mengajarkan matematika, kemudian memberi contoh dan latihan sehingga pembelajaran yang berlangsung hanya melibatkan aktivitas guru tanpa memperhatikan aktivitas siswa akibatnya banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran probing-promting dengan Teori Bruner pada materi bangun ruang sisi datar dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing-promting dengan Teori Bruner pada pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional menggunakan one group pretest-posttest desain. Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas VIII-H SMPN 1 Udanawu berjumlah 30 siswa menggunakan simple random sampling. Penelitian ini dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi, dan lembar tes (pretest- posttest) pemahaman konsep siswa.
Hasil penelitian pertama dilihat dengan penggunaaan lembar observasi aktivitas guru diperoleh rata-rata persentase 86,36% dalam kategori sangat baik, dan lembar observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 73,5% dengan kategori baik. Hasil penelitian kedua menunjukkan dengan penggunaan uji-t untuk pemahaman konsp siswa, diperoleh nilai signifikan 0,000≤0,05 sehingga H0 ditolak H1 diterima. Artinya ada pengaruh model pembelajaran probing-promting dengan Teori Bruner pada pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) kelas VIII SMPN 1 Udanawu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) implementasi model pembelajaran probing-promting dengan Teori Bruner materi bangun ruang sisi datar dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas siswa baik (2) terdapat pengaruh pemahaman konsep siswa terhadap model pembelajaran probing-promting dengan Teori Bruner materi bangun ruag sisi datar. Setelah dilakukan penelitian diharapkan model pembelajaran probing-romting dengan Teori Bruner dapat diterapkan pada pembelajaran matematika agar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: Probing-Promting, Teori Bruner, Pemahaman Konsep.
Bachtiar, Doni. 2012. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Management Analysis Journal. Vol.1 No.1
Depdiknas. 2006a. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas
_____2006b. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Kurniyawati, Hesti. 2015. Pengaruh Model PembelajaranProbing-Promting Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Gaya Dapat Mengubah Gerak dan atau Bentuk Suatu Benda Kelas IV SDN Sukorame 3 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Diakses pada tanggal 23 September 2017.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses/Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru. Algesindo.
Suherman, E. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.