EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SISWA SMP NEGERI 1 UDANAWU TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

AHMAD RIFAI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0121

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil penelitian dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika yang berlangsung di sekolah masih didominasi oleh aktivitas guru dengan penyampaian pembelajaran dengan metode ceramah. Akibatnya pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas hanya melibatkan aktivitas guru tanpa memperhatikan aktivitas siswa, respon siswa dan hasil pembelajaran. Sehingga pembelajaran berlangsung kurang efektif. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang efektif meningkatkan ketiga aspek diatas yaitu dengan pemelajaran Guide Inquiry pada pembelajaran bangun ruang sisi datar. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah melihat efektivitas pembelajaran Guide Inquiry pada meteri bangun ruang sisi datar kelas VIII siswa SMP Negeri 1 Udanawu tahun ajaran 2017/2018.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan variabel bebasnya yaitu pembelajaran Guide Inquiry dan variable terikatnya efektivitas pembelajaran yang meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-I yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan simple random sampling.

            Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Udanawu pada 2 April sampai 4 Mei 2018. Dalam penelitian menggunakan instrument berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa, angket respon siswa dan soal pretest dan posttest. Kemudian data dari lembar observasi guru, aktivitas siswa dan respon siswa diolah menggunakan persen atau yang disebut percentages correction sedangkan soal pretest dan posttest diolah menggunakan Uji Paired Sample t-test.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil observasi aktifitas guru pada pertemuan ke-satu mendapatkan skor aktivitas guru 77,78% diklasifikasikan dalam kategori baik pada pertemuan ke-dua diperoleh skor aktivitas guru 88,89% diklasifikasikan dalam kategori sangatbaik. (2) Data hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan ke-satu mendapatkan skor aktivitas siswa 69,67% diklasifikasika n dalam kategori cukup. Ada peningkatan skor aktivitas siswa dipertemuan ke-dua yaitu 79% diklasifikasikan dalam kategori baik. (3) Data angket respon siswa yang telah diisi oleh 30 siswa diperoleh respon positif sebesar 86,33% diklasifikasikan dalam kategori sangat baik. (4) Hasil analisis data dari soal pretest dan posttest mengalami peningkatan dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpukan bahwa pembelajaran Guide Inquiry pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Udanawu Blitar sangat efektif.

Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapakan pembelajaran Guide Inquiry dapat diterapkan pada pembelajaran matematika agar dapat meningkatkan efektivitas di dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Guide Inquiry


Keyword

a

Reference

BSNP. 2006.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika Tingkat SD/MI. Jakarta : Depdiknas

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Sanjaya, Wina.2008.Kurikulum dan Pembelajaran teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Stepanek, Jeniffer.2010. Taking it  Outside : Science Inquiry. Connecting to cience and The World, Northwest Teacher : A Math and Science Journal, Volume 3 Number 1, 4-5


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI