ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI PADA MATERI PROGRAM LINEAR


Author (Penulis)

EVILIA FEBRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0120

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari kepercayaan diri siswa kategori tinggi? (2) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari kepercayaan diri siswa kategori  sedang? (3) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari kepercayaan diri siswa kategori  rendah?.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X1 MIPA F SMAN 1 Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kepercayan diri, soal kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Peneliti menggunakan data hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa yang ditinjau dari kepercayaan diri pada materi program linear. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori kepercayaan diri tinggi, mampu memahami masalah dengan menuliskan dan menyebutkan  hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, mampu membuat rencana dengan menyebutkan strategi yang tepat dan menuliskan permasalahan kedalam bentuk yang lebih sederhana, mampu melaksanakan strategi sesuai dengan rencana,  melihat kembali dengan melihat titik-titik dari himpunan penyelesaian yang ada dan menuliskan kesimpulan. (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori kepercayaan diri sedang, mampu memahami masalah dengan menyebutkan dan menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, membuat rencana dengan strategi yang berbeda antara soal nomor 1 dan 2, melaksanakan rencana dengan membuat model matematika dengan kurang tepat pada soal nomor 1, kurang mampu melihat kembali dengan tidak menuliskan kesimpulan. (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori kepercayaan diri rendah, kurang mampu memahami masalah pada soal nomor 1, membuat rencana dengan menyederhanakan permasalahan kedalam bentuk model matematika dan menyebutkan strategi yang digunakan yaitu metode grafik, kurang mampu melaksanakan rencana yang mana subjek salah konsep, kemudian untuk tahap melihat kembali  subjek mampu melihat kembali dengan melihat titik-titik dari himpunan penyelesaian yang ada dan menuliskan kesimpulan secara tepat.

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kepercayaan Diri.

 


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

 

Fauziah, Ana. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Srategi REACT. Jurnal Forum Kependidikan, (Online) , 30 (1): 1-13.

 

Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Moleong, Lexi J. 2017. Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

 

Rahayu, Yafita, Aprianti. 2013. Anak Usia TK. Jakarta: PT Indeks.

 

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Surabaya: UNESA University Press.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI dan IMSTEP JICA.

 

Yuwono, A. 2010. Profil Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis. Surakarta: PPS Universitas Sebelas Maret.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI