ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SPASIAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR


Author (Penulis)

NUR ANDIKA TIFANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.05.0119

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di sekolah, bahwa siswa SMK masih berpedoman pada satu cara dan terpacu pada satu rumus yang ada, sehingga mengakibatkan kurangnya siswa dalam mengembangkan kemampuan berfikir dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi spasial siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual matematika ditinjau dari gaya belajar.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive, subjek penelitian siswa kelas XI TKJ SMK Kartanegara Kediri dengan tiga sampel terpilih. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket gaya belajar, lembar tes soal, serta lembar wawancara.  Hasil analisis penelitian adalah kemampuan representasi spasial siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual matematika ditinjau dari gaya belajar (1) subjek dengan gaya belajar visual dapat memenuhi semua indikator representasi spasial dengan karakter subjek mengerjakan secara mandiri, sistematis, detail,  dan benar berdasarkan apa yang ia lihat. (2) subjek dengan gaya belajar auditori dapat memenuhi semua indikator representasi spasial, namun terdapat satu indikator dimana hasil wawancara lebih detail daripada tes tertulis, dengan karakter subjek mengerjakan secara urut dan rapi berdasarkan apa saja yang pernah ia dengar. (3) subjek dengan gaya belajar visual hanya memenuhi sebagian  indikator representasi spasial dengan karakter subjek mengerjakan secara singkat berdasarkan apa saja yang ia bayangkan dari hasil manipulasi objek sekitar.


Keyword

kemampuan representasi spasial, masalah kontekstual, gaya belajar

Reference

Ahmad & Jaelani. 2015. Kemampuan Spasial; Apa dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Nusantara, (Online), tersedia http://www.fkip.unismuh.ac.id (diakses, 29 Juli 2018)

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. 2016. Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Sman 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Tanah Datar: IAIN Batusangkar. Journal of Sainstek, 8 (1). (Online). Tersedia: http://www.fkip.unismuh.ac.id. diakses, (29 Juli 2018)

DePorter, B. & Hernacki, M. (Eds) 2001. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Hidayat, K. N. & Fiantika, F. R. 2017. Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prosiding Si Manis, 1(1). (Online). Tersedia: http//conferences.uinmalang.ac.id (diakses, 02 September 2018)

National Academy of Science. 2006. Learning to Think Spatially.  Washington DC: The National Academics Press.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade